MotoGP

Sebelum Mandalika, Ini 3 Sirkuit yang 'Dapat Harapan Palsu' Jadi Tuan Rumah MotoGP Indonesia

Jumat, 22 Februari 2019 16:33 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© indonesiainvestmentforum
Sirkuit Mandalika. Copyright: © indonesiainvestmentforum
Sirkuit Mandalika.

INDOSPORT.COM - Wacana Indonesia untuk menyelenggarakan MotoGP sebenarnya sudah muncul sejak beberapa tahun lalu. Sebelum Sirkuit yang rencananya dibangun di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang rencananya bakal jadi tuan rumah MotoGP 2021, 3 sirkuit ini juga pernah 'dapat harapan palsu' menggelar ajang balap bergengsi itu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pernah mengatakan jika kehadiran MotoGP di Indonesia akan meraup devisa yang begitu besar dan tentu saja hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi negara. Indonesia sendiri terakhir pernah menggelar ajang MotoGP pada 1997 silam dan Sirkuit Sentul menjadi tuan rumahnya.

Selepas itu, Indonesia sempat digadang-gadang akan menggelar MotoGP sejak 2015 silam. Bahkan beberapa sirkuit pun sempat diprediksi akan jadi tempat digelarnya ajang kejuaraan balap motor internasional tersebut. 

Sebelum Sirkuit Mandalika digadang-gadang resmi menjadi tuan rumah MotoGP 2021, Pembangunan sirkuit ini ditangani oleh Indonesia Tourism Development (ITDC) atau PT Pembangunan Pariwisata Indonesia. Dibangun di atas lahan seluas 131 ha di KEK Pariwisata Mandalika nantinya panjang trek balap ini mencapai 4,32 kilometer. 

Akankah harapan Indonesia menggelar MotoGP bisa terwujud? Sebelum itu mari kita flashback dengan mengingat tiga sirkuit di Indonesia yang pernah digadang-gadang jadi tuan rumah MotoGP.