Komunitas Sehat

Olahraga Bisa Bantu Tingkatkan Memori, Ini Triknya

Jumat, 22 Februari 2019 15:18 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Wallpapersite.com
Ilustrasi workout. Copyright: © Wallpapersite.com
Ilustrasi workout.

INDOSPORT.COM - Bukan rahasia lagi bahwa aktif secara fisik mampu mendatangkan banyak manfaat, seperti mengurangi kemungkinan terserang penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Selain itu juga menurunkan berat badan dan mencegah depresi menjadi keuntungan lainnya.

Namun tahukah Anda terdapat satu lagi keuntungan besar dari berlatih fisik atau olahraga, yaitu meningkatkan memori otak. Bagi Anda yang memiliki masalah dalam hal mengingat sesuatu, olahraga menjadi salah satu solusinya.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of British Columbia, para peneliti menemukan bahwa latihan aerobik yang teratur, dapat memompa jantung dan kelenjar keringat.

Selain itu dibanding dengan latihan ketahanan, keseimbangan dan pengencangan otot, aerobik lebih efektif meningkatkan ukuran hippocampus, area otak yang terlibat dalam memori verbal dan pembelajaran.

Temuan ini datang saat muncul satu kasus baru, yaitu demensia, yakni ebuah gangguan di bagian otak yang ditandai dengan penurunan setidaknya dua fungsi otak, seperti hilangnya memori dan kemampuan menilai.

Berikut cara meningkatkan memori dengan berolahraga.

Pertama, berlatih dengan jalan cepat selama satu jam, dua kali seminggu. Karena untuk meningkatkan daya ingat rekomendasi standar menyarankan setengah jam aktivitas fisik sedang hampir setiap hari dalam seminggu, atau 150 menit seminggu. 

Jika itu tampak memberatkan, mulailah dengan beberapa menit sehari, dan tingkatkan jumlah latihan lima atau 10 menit setiap minggu sampai mencapai tujuan Anda.

Jika tidak ingin berjalan, pertimbangkan latihan intensitas sedang lainnya, seperti berenang, naik turun tangga, tenis, squash, atau menari. 

Jangan lupa bahwa kegiatan rumah tangga juga dapat dikategorikan dalam latihan fisik, seperti mengepel lantai dengan intens, menyapu, atau apa pun yang membuat jantung Anda terpompa dan menghasilkan keringat.

Tidak dapat disiplin untuk melakukan olahraga sendiri? Cobalah cara ini:

  • Bergabunglah dalam kelas olahraga bersama teman sehingga akan membuat Anda lebih merasa bertanggung jawab.
  • Selalu pantau setiap kemajuan yang Anda dapat, yang mendorong Anda untuk terus mencapai tujuan.
  • Sewalah pelatih pribadi. (Membayar seorang ahli adalah motivasi yang baik.)

Apapun latihan dan motivator yang anda pilih, cobalah untuk berkomitmen menetapkan olahraga sebagai kebiasaan.  

Penulis: Chairun Nissa

Terus Ikuti Tips dan Trik Seputar Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%