Komunitas Sehat

Hanya Seminggu Berat Badan Turun Banyak, Kenapa Tidak? Ini Tipsnya

Rabu, 13 Maret 2019 15:25 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Men healths
Contoh transformasi Perut dari gemuk ke six pack. Copyright: © Men healths
Contoh transformasi Perut dari gemuk ke six pack.

“Diet itu hanya mitos, dietnya besok aja deh, dietnya tunggu niat datang”

Begitulah sejumlah pernyataan bagi orang yang kebanyakan ingin diet atau ingin menurunkan berat badannya, namun tak kunjung berhasil. Apakah Anda salah satunya?

Sebelum diet, coba tanyakan kepada diri Anda sendiri dulu, tujuannya untuk apa? Apakah untuk gaya-gayaan? Ingin punya badan ideal? Atau agar pakaian yang dibeli muat saat dipakai?

INDOSPORT.COm - Jika ada yang menjawab untuk sehat, jelas semuanya juga mau sehat, tak perlu diet pun kita harus punya badan yang sehat bukan? Yang paling penting dan terutama saat ingin diet adalah harus punya komitmen yang tinggi dulu.

Jadi, jika Anda punya komitmen yang tinggi, maka godaan untuk mengonsumsi makanan berupa junk food, keripik, atau jajan makanan lainnya pun bisa Anda hindari.

Lalu, bagaimana cara menurunkan berat badan dalam waktu seminggu? Ingat, berat badan turun dan menjadi kurus hanya berbeda tipis.

Berat badan Anda bisa turun, tetapi belum tentu dibarengi dengan tubuh Anda yang gemuk bisa otomatis kurus, semua butuh proses.

Jadi, jika ingin kurus, jelas yang utama adalah Anda harus bisa menurunkan berat badan dulu, secara tidak sadar nantinya juga badan pun bisa akan kurus.

Berikut tips yang harus Anda lakukan jika ingin berat badan turun:

Jalan Kaki

Tips yang paling gampang, murah, dan bisa dilakukan di mana saja. Hanya dengan jalan kaki, berat badan Anda bisa turun.

Bagaimana mungkin? Dilansir dari FFM, menurut director of the exercise physiology laboratory di Universitas Virginia, AS, yakni Arthur Weltman, Ph. D, mereka yang banyak berjalan kaki selama 30menit bisa membakar lemak di pinggang lebih cepat daripada olahraga lain.

Tentunya, banyak kegiatan dilakukan agar Anda bisa berjalan kaki bukan?

Gunakan Tangga

Memang kalau menggunakan tangga di tempat tertentu akan membuat kita lelah, wajar namanya juga olahraga.

Tapi manfaatkan menggunakan tangga saat kita berpergian di tempat-tempat tertentu jelas sangat membantu kita untuk membuat berat badan menjadi turun.

Namun perlu diingat juga, naik-turun tangga yang dimaksud tentu untuk jumlah lantai yang terbilang wajar.

Jika Anda dari lantai 1 dan diharuskan pergi ke lantai 10 atau 20, apalagi di lantai 30. Mungkin cara yang tepat adalah Anda bisa naik lift dengan mengurangi 5 lantai dari tempat tujuan yang Anda inginkan.

Jadi, 5 lantai sisanya digunakan untuk menggunakan tangga. Cukup efektif bukan?

Ganti Pola Makan

Ini mungkin yang paling sulit dilakukan, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Ganti cara makan Anda yang tidak sehat menjadi lebih baik.

Ingin kurus kan? Mau berat badan turun kan? Cara yang sangat membantu adalah dengan mengganti cara makan Anda seperti, menukar nasi putih dengan nasi merah, atau makan telur rebus dan tidak makan telur goreng.

Intinya sebisa mungkin hindari mengonsumsi makan makanan berminyak. Termasuk cemilan-cemilan lainnya yang enak dan murah.

Jika Anda termasuk orang yang malas sarapan, maka mulai dari sekarang harus dibiasakan untuk sarapan. Tujuannya jelas supaya makan siang Anda juga tidak banyak dan teratur.

Banyak Makan Buah

Selain sehat, mengonsumsi buah-buahan juga bisa sangat membantu untuk bisa menurunkan berat badan Anda.

Meski sejumlah buah ada yang rasanya manis, tetapi kandungan karbohidrat yang ada dalam buah tidak akan berpengaruh besar pada takaran gula dalam darah Anda. Kandungan seratnya juga akan membuat Anda terasa kenyang lebih tahan lama.

Hindari Minuman Soda dan Beralkohol

Saat sedang bersantai, apalagi sedang nongkrong bersama keluarga atau teman memang paling tepat dibarengi dengan minuman bersoda atau beralkohol, tetapi juga jangan memilih minum minuman yang manis.

Minum air putih atau minum jus juga sudah cukup dan tepat untuk menemani waktu Anda untuk mengobrol bukan?

Kandungan minuman soda, alkohol, ataupun minuman manis lainnya jelas bisa membuat tubuh Anda menjadi gemuk dan jelas berat badan akan bertambah.

Olahraga

Ini yang paling penting dari yang penting. Jika Anda mampu menjalankan semua tips di atas, maka Anda juga harus bisa menjalankan olahraga yang satu ini.

Jika Anda berpikir olahraga dalam gym itu sulit atau mahal, jangan takut. Masih banyak olahraga lain yang murah yang bisa Anda lakukan.

Seperti lari atau jogging, skipping, workout berupa sit up, push up, plank, dan masih banyak lagi.

Jika Anda kebingungan bagaimana cara workout yang benar, tentu Anda bisa mencari tips-tips workout yang sesuai dengan kemampuan Anda dengan mencarinya di internet atau di youtube.

Karena sudah banyak sekali cara bagaimana menjalankan workout yang benar dan tepat, termasuk bagi Anda yang mungkin saja masih pemula.

Ikuti terus berita tips dan trik olahraga di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%