Komunitas Sehat

Pilih Berolahraga Pagi, Siang, atau Malam?

Sabtu, 2 Maret 2019 15:37 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© today.com
Ilustrasi olahraga.. Copyright: © today.com
Ilustrasi olahraga..

INDOSPORT.COM - Meluangkan waktu untuk berolahraga memang tidak mudah bagi sebagian orang. Entah itu karena faktor jadwal, kelelahan akibat pekerjaan, atau sekadar rasa malas.

Memilih waktu untuk berolahraga juga susah-susah gampang. Dilansir dari laman berita sport TIME, berikut ini sejumlah tips yang mungkin bisa kamu manfaatkan dan jadikan pertimbangan saat memilih waktu berolahraga.

Pagi Hari

Menurut Profesor Anthony Hackney dari Fakultas Ilmu Olahraga Universitas North Carolina Chapel Hill, olahraga di pagi hari saat perut kosong bagus untuk membakar lemak yang mengendap dalam tubuh, meningkatkan produktivitas, dan menghilangkan stres.

Orang-orang yang berolahraga di pagi hari pun biasanya memiliki nafsu makan lebih kecil. Sebuah studi menyarankan olahraga pagi dilakukan pada pukul tujuh. Tubuh akan merasakan efek lelah pada malam hari dan kita bisa segera beristirahat dengan siklus yang sehat alias tidak bergadang.

Siang Hari

Olahraga di siang hari juga tidak buruk. Menurut Journal of Physiology, berolahraga antara pukul 1 siang sampai 4 sore memiliki efek yang sama dengan berolahraga pagi hari. Tubuh bisa menyesuaikan diri dengan siklus yang semestinya.

Malam Hari

Bagi banyak orang, olahraga malam jauh lebih nyaman lantaran mereka sudah menyelesaikan aktivitas utama seperti bekerja di kantor dan sejenisnya. Ada kecenderungan yang menyebut olahraga malam bisa menghambat rasa kantuk, namun Profesor Hackney punya sedikit penjelasan.

Menurutnya, siklus tidur tidak akan terganggu selama kita tidak memaksakan diri untuk berolahraga, langsung mandi, lalu naik ke kasur. Untuk malam hari, olahraga yoga adalah yang terbaik.

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%