LGBT dalam Dunia Olahraga Itu Wajar, Asalkan...

Rabu, 20 Maret 2019 05:20 WIB
Editor: Coro Mountana
© Kirsty Yallop
Kirsty Yallop dan Tameka Butt Copyright: © Kirsty Yallop
Kirsty Yallop dan Tameka Butt

INDOSPORT.COM – Awal Februari tahun ini, jagat olahraga dunia dikejutkan dengan pernikahan antara dua pesepakbola perempuan, Tameka Butt dengan Kirsty Yallop. Pernikahan antar sesama lesbian itu mengundang pro-kontra di tengah masyarakat.

Lesbian yang masuk dalam kategori LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender) secara harafiah merupakan istilah untuk perempuan yang orientasi sesksualnya lebih menyukai perempuan. Lantas timbul pertanyaan wajarkah LGBT terjadi terutama dalam dunia olahraga?

“Secara hak asasi, orientasi seksual masuk dalam kategori hak seseorang untuk melakukan sesuatu yang ia putuskan tanpa mengganggu hak atau merugikan orang lain,” ungkap psikolog, Denrich Suryadi, M.Psi.

“Dari sudut pandang agama dan budaya adat timur, fenomena ini dianggap tak wajar, melanggar norma agama dan budaya," lanjutnya.

Selama hubungan homoseksual memberikan kebahagiaan dan memuaskan kebutuhan kedua belah pihak, pastinya juga akan membuat individu dengan ragam profesi atau pekerjaan merasa sejahtera dan mampu mendukung performa mereka sebagai atlet.

“Yang terpenting mereka happy dan profesional sebagai atlet. Jadi hubungan orientasi seksual dengan kinerja mereka sebagai atlet adalah dua hal berbeda, jika mereka profesional dan giat berlatih maka mereka tetap akan tampil cemerlang sebagai atlet,” tutupnya.

Pada akhirnya dalam kasus Tameka dengan Kirsty, wajar atau tidaknya lesbian di dunia sepak bola kembali lagi sudut pandang mana yang dilihat. Jika berdasarkan sudut pandang profesional di mana mereka dapat terus berprestasi mungkin tidak masalah, tetapi dari agama bisa beda cerita lagi.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Berita Olahraga Hanya di INDOSPORT.COM.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%