Komunitas Sehat

Tips Awet Muda, Olahraga Ini Terbukti Bisa Perlambat Proses Penuaan

Sabtu, 23 Maret 2019 16:58 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Storyblocks
Ilustrasi  stretching. Copyright: © Storyblocks
Ilustrasi stretching.

INDOSPORT.COM - Telah menjadi impian setiap orang apabila memasuki usia tua namun masih ingin terlihat awet muda. Terlebih di zaman modern saat ini, banyak metode yang dapat dilakukan agar dapat memperlambat proses penuaan. Akan tetapi, jangan sampai cara yang Anda lakukan salah dan malah membahayakan kondisi tubuh. 

Para peneliti dari Brigham Young University (BYU) mengatakan mereka telah menemukan bahwa jenis latihan fisik tertentu bisa melambat proses penuaan dalam sel-sel kita.

Tak hanya itu, beberapa peneliti di BYU yang dipimpin oleh seorang Profesor Ilmu Olahraga, Larry Tucker mempelajari 5.823 orang dewasa yang telah berpartisipasi dalam proyek penelitian Centers for Disease Control and Prevention, yang disebut National Health and Nutrition Examination Survey. 

Observasi ini berupa agar mengetahui aktivitas fisik harian para peserta dan secara khusus melacak sejauh mana setiap anggota ini terlibat dalam 62 jenis latihan selama periode 30 hari.

Lantas berapa banyak harus melakukan olahraga, dan bagaimana tips ini dapat membantu?

Para peneliti BYU menyimpulkan tujuan studi mereka dengan mendefinisikan "aktivitas fisik tingkat tinggi". Hal yang dimaksudkan adalah dengan melakukan jogging atau berlari santai selama 30 menit untuk wanita dan 40 menit untuk pria, serta dikerjakan secara teratur lima hari per minggu.

"Hanya karena Anda berusia 40 tahun, tidak berarti Anda berusia 40 tahun secara biologis," ujar Tucker dalam siaran pers.

"Kita semua tahu orang-orang yang tampak lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya. Semakin aktif secara fisik kita, semakin sedikit penuaan biologis yang terjadi di tubuh kita," tambah Profesor Ilmu Olahraga tersebut. 

Selain itu, metode ini juga membutuhkan komitmen. Namun mungkin tidak melampaui kemampuan tiap individu yang ingin memutuskan untuk menjadi lebih sehat. Tentu saja, ini bukanlah studi pertama untuk mencoba menemukan hubungan antara peningkatan olahraga, kesehatan yang lebih baik, dan umur yang lebih panjang.

Baru-baru ini misalnya, para peneliti di Mayo Clinic memperoleh kesimpulan yang sama tetapi alasan yang berbeda. 

Mereka menemukan bahwa orang yang secara teratur melakukan pelatihan interval intensitas tinggi, memiliki sel yang lebih efisien dalam menciptakan protein baru sehingga menghasilkan hal positif berupa "mengatasi efek buruk utama penuaan".

Penulis: Neneng Astrianti

Terus Ikuti Tips dan Trik Seputar Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%