Banyak Potensi Medali, Ini Target Provinsi Papua di Ajang Popnas XV

Sabtu, 6 April 2019 15:15 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Indra Citra Sena
© Sudjarwo/INDOSPORT
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Para Provinsi Papua, Daud Ngabalin Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Para Provinsi Papua, Daud Ngabalin

INDOSPORT.COM - Gelaran olahraga antarpelajar Indonesia, Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV, akan berlangsung pada awal Oktober mendatang. Provinsi Papua sebagai tuan rumah menargetkan posisi lima besar.

Hal ini disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadispora) Papua, Daud Ngabalin. Target menduduki posisi lima besar dinilai realistis mengingat persiapan 20 cabang olahraga tim Popnas Papua sudah sangat mumpuni.

“Dari medali emas yang diperebutkan, kalau pasti bisa dapat lima persen medali emas saja kami bisa jadi yang terbaik. Ada cabor yang punya potensi medali bagi Papua, seperti tarung derajat, atletik nomor lempar, dan tinju,” ujar Daud kepada awak media olahraga di Jayapura, Sabtu (6/4/19).

Daud memaparkan jika pemusatan latihan (TC) atlet Popnas Papua akan berlangsung pada Mei mendatang. Penyelenggaraannya disebut tak akan mengganggu persiapan kejuaraan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP). 

“Kegiatan PPLP maupun Popnas tidak akan terganggu, tetap berjalan baik persiapan atlet. Karena bisa nanti di kejuaraan PPLP, atlet kami yang di Popnas bisa menjadikan kegiatan itu sebagai uji coba karena akan sangat membantu sekali,” ungkapnya.

Sebanyak 20 cabang olahraga yang dipertandingkan pada perhelatan Popnas yakni cabor terukur, di antaranya angkat besi, atletik, dayung dan renang. Kemudian cabor beladiri gulat, judo, karate, pencak silat, taekwondo, tarung derajat, tinju. 

Ada juga cabor akurasi panahan, sedangkan cabor permainan antara lain basket, bola voli Indoor, bola voli pantai, tenis lapangan, tenis meja, bulu tangkis, sepak bola, sepak takraw, plus catur sebagai cabor eksebisi.

Ikuti Terus Perkembangan PON XX 2020 dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT