Pemusatan Latihan Atlet PON XX Papua Baru Akan Berjalan Akhir April

Sabtu, 6 April 2019 12:45 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Wikipedia
Logo Pekan Olahraga Nasional (PON). Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Wikipedia
Logo Pekan Olahraga Nasional (PON).

INDOSPORT.COM - Para atlet Papua yang disiapkan untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 mendatang, diketahui baru akan menjalani pemusatan latihan (TC) pada akhir April nanti. Hal ini dikarenakan pendataan para atlet dari 46 cabang olahraga belum juga rampung. 

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua kemudian memutuskan untuk mengundurkan agenda TC yang semula dijadwalkan terlaksana mulai Maret lalu.

“Saat ini KONI sedang melakukan tes berkala tahap pertama setelah mereka tes fisik dan kesehatan untuk parameter yang kemudian akan dipakai oleh cabor sebagai tolok ukur perkembangan atlet Papua,” ujar sekertaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya, kepada wartawan olahraga di Jayapura, Sabtu (6/4/19).

“Perencanaan TC akan dilaksanakan pada minggu keempat April dan tidak akan diundur lagi. Cabor yang sudah siap maupun belum tetap harus mengikuti kegiatan ini tepat waktu,” tambahnya.

Kenius menegaskan sebelum TC itu benar-benar digelar, pihaknya tak akan menunggu lagi sebab waktu persiapan atlet sudah sangat mepet untuk diserahkan  kepada Pusat Latihan Provinsi (Puslatprov) yang diketuai Kasdam XVII Cenderawasih.

“Tim ini yang nantinya akan menyiapkan dan mengawal serta mengawasi proses TC. Misalkan Pengprov cabor berniat mengganti pelatih atau atlet, tim puslatprov yang akan merekomendasikan penggantinya," ucap Kenius lagi.

Selain menggelar TC di Pulau Jawa, beberapa cabor lainnya juga akan menjalani TC di luar negeri, seperti perorangan dan juga permainan akurasi yang akan dititipkan di Korea, Filipina, Thailand dan negara lainnya.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT