Tips untuk Ibu-ibu agar Tetap Fit Saat Ikut Kampanye

Selasa, 9 April 2019 09:25 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Tips untuk ibu-ibu agar tetap fit selama kampanye Pemilu 2019. Copyright: © Getty Images
Tips untuk ibu-ibu agar tetap fit selama kampanye Pemilu 2019.

INDOSPORT.COM - Dalam masa kampanye politik yang belakangan ini semakin gencar, sering kali faktor kesehatan dikesampingkan oleh para pesertanya, termasuk kaum ibu-ibu yang tak sedikit jumlahnya.

Dengan persentase terbanyak sebagai pemilik hak suara, ibu-ibu sering kali dijadikan para politisi sebagai sasaran kampanye. Hingga pada akhirnya membuat tak sedikit ibu-ibu yang turut terjun dalam acara-acara kampanye yang digelar dengan berbagai cara.

Namun apapun acaranya, kampanye politik jelas bukan merupakan kegiatan yang ringan untuk dilalui. Butuh kondisi fisik yang prima dan juga persiapan yang tak bisa diabaikan begitu saja oleh para kaum ibu-ibu.

Untuk itu berikut INDOSPORT coba mengulas hal apa saja yang harus menjadi persiapan para ibu-ibu sebelum terjun dalam sebuah acara kampanye politik, termasuk dalam Pemilu 2019 ini.

Kenyamanan Adalah Kunci

Dalam aktivitas kampanye yang membutuhkan banyak energi, persiapan fisik memang menjadi hal utama. Namun di luar itu, faktor kenyamanan menjadi hal yang justru sering diabaikan oleh para pesertanya, termasuk kaum ibu-ibu.

Padahal jika dicermati dengan baik, faktor kenyamanan ini bisa dengan mudah diantisipasi. Misalnya dengan pemilihan sepatu yang nyaman, karena dalam sebuah acara kampanye biasanya ibu-ibu dituntut untuk berdiri atau berjalan dalam waktu yang cukup lama. Untuk itu sepatu olahraga lebih layak menjadi pilihan, dibandingkan sepatu jenis lainnya.

Selain sepatu, pakaian juga memegang peran yang tak kalah penting. Aktivitas kampanye yang biasanya dilakukan di ruang terbuka, membuat para ibu-ibu akan berhadapan dengan terik matahari langsung.

Untuk itu penting untuk memakai pakaian yang tak berbahan tebal, serta menyerap keringat. Jika perlu lengkapi diri dengan topi ataupun payung, untuk menghalangi paparan sinar matahari langsung.

Faktor Fisik

Soal masalah fisik sendiri, tak ubahnya seperti sebuah olahraga, para ibu-ibu bisa mempersiapkan diri dengan melakukan latihan terlebih dahulu. Salah satu caranya dengan rutin melakukan jalan sehat ataupun joging sebelum hari pelaksanaan kampanye.

Jika perlu dan memungkinkan, lakukan aktivitas olahraga tersebut di jalan atau rute asli di mana nantinya mereka akan berkampanye. Sehingga bukan hanya fisik yang siap, namun mereka akan tahu betul bagaimana situasi dan kondisi medan yang akan dilalui.

Perihal masalah fisik ini, juga tak kalah pentingnya persiapan di hari pelaksanaan kampanye. Yakni dengan memilih sarapan terlebih dahulu, agar memiliki energi cukup untuk melaksanakan semua rangkaian acara.

Membawa makanan yang ringkas seperti energy snacks dan botol minuman sendiri juga menjadi krusial saat secara tiba-tiba mulai terasa lapar atau haus di tengah acara berlangsung.

Jangan lupakan pula membawa obat-obatan pribadi, karena dalam acara kampanye yang penuh akan kerumunan massa, segala sesuatu yang tak dikehendaki sangat mungkin terjadi. 

Memang biasannya ada panitia yang sudah menyiapkan tim medis, namun jika kita sudah mempersiapkan sendiri obat-obatan tentu akan lebih memudahkan dan tidak memakan banyak waktu.

Terus Ikuti Tips dan Trik Seputar Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%