3.995 Atlet Pelajar Berebut Medali dalam 20 Cabang Olahraga POPNAS XV 2019

Sabtu, 4 Mei 2019 00:45 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Indra Citra Sena
© Sudjarwo/INDOSPORT
Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua, Daud Ngabalin. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua, Daud Ngabalin.

INDOSPORT.COM - Pesta olahraga pelajar Indonesia bertajuk POPNAS XV yang akan digelar pada Oktober mendatang di Tanah Papua akan diikuti oleh 3.995 atlet potensial.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua, Daud Ngabalin, mengatakan bahwa seluruh atlet akan saling sikut untuk meraih medali dalam 20 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

“Secara keseluruhan atlet Popnas itu 3.995, pelatih 884, ofisial 319. Jadi, total keseluruhan itu berjumlah 5.198,” ujar Daud kepada sejumlah wartawan di Jayapura, Jumat (3/5/19).

Daud menjelaskan, Pemerintah Provinsi melalui Disorda Papua sudah sangat siap untuk menyambut olahraga pelajar tiga tahunan tersebut, bahkan untuk urusan sinergitas antara akomodasi dan pertandingan sekali pun. 

"Kami berharap pertandingan di POPNAS dan akomodasi bisa sejalan, begitu pula dengan Paparpenas yang mempertandingan enam cabang olahraga. Semoga semua fungsi ini bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

“Soal kesiapan venue juga sudah dibicarakan, termasuk Peparpenas yang menyangkut dengan fasilitas disabilitas. Semoga dalam waktu dekat bisa disesuaikan dengan baik. Karena ada perlakukan khusus untuk atlet disabilitas berbeda dengan lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Daud mengaku optimistis kontingen Papua bisa masuk dalam posisi lima besar sehingga Disorda Papua belakangan sudah intens menyiapkan atlet potensial dari 20 cabang olahraga.

“Saat ini atlet sedang melakukan persiapan. Mereka akan diasah lewat try out atau uji tanding yang digunakan di Kejurnas PPLP sambil kami cari agenda nasional sampai bulan Oktober sebelum penyelenggaraan POPNAS,” tegasnya.

Sebanyak 20 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam POPNAS XV, antara lain bola voli pasir, basket, sepak bola, tinju, panahan, bola voli indoor, tenis, renang, pencak silat, judo, gulat, karate, tenis meja, bulu tangkis, tarung derajat, dan sepak takraw.

Muhammad Zohri Buka-bukaan Usai Jadi Manusia Tercepat Indonesia

Ikuti Terus Perkembangan POPNAS XV dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT