Inilah 3 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Ngabuburit

Selasa, 7 Mei 2019 05:16 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Yohanes Ishak
© Chopra News
Yoga merupakan salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan saat ngabuburit. Copyright: © Chopra News
Yoga merupakan salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan saat ngabuburit.

INDOSPORT.COM – Bulan Ramadhan tidak bisa menjadi alasan untuk meninggalkan aktivitas olahraga. Meski tidak mendapatkan asupan makanan pada siang hari, kita bisa memilih olahraga yang tepat agar tubuh tidak kelelahan.

Alih-alih berolahraga berat seperti futsal atau basket, kita bisa memilih olahraga yang lebih ringan dan praktis. Selain itu, olahraga ringan dapat dilakukan 30 menit sebelum berbuka puasa agar jarak waktu olahraga dengan makan dan minum tidak terlalu jauh. Hal tersebut tentu baik untuk memperlancar metabolisme tubuh.

Berikut ini, INDOSPORT akan memberikan tiga pilihan olahraga ringan yang bisa dilakukan saat waktu ngabuburit (menunggu berbuka puasa).

1. Jalan Kaki

Jalan santai merupakan olahraga terbaik dan praktis karena tidak terlalu menguras tenaga. Jalan merupakan salah satu olahraga kardio yang bisa menyehatkan jantung. Salah satu caranya adalah dengan mengatur pernapasan sesuai dengan ritme langkah.

Jika kuat dan menginginkan intensitas yang lebih tinggi, kita bahkan bisa mempercepat langkah atau bahkan berlari kecil (jogging). Hanya saja, sebaiknya mencari tempat yang banyak pohon dan sejuk. Jika berolahraga di tengah-tengah polusi udara, kesehatan pernapasan malah bisa terganggu.

2. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Dengan hanya menggelar matras, kita bisa melakukan gerakan dasar yang bisa melenturkan tubuh. Jika menguasai posisi yang memiliki tingkat kesulitan tinggi, Yoga akan sangat sangat bagus untuk membakar sisa-sisa energi dalam tubuh.

Selain itu, jika tidak suka terpapar sinar matahari, olahraga ini sangat cocok untuk menunggu waktu berbuka. Ini juga bisa dilakukan bersama keluarga maupun teman-teman.

3. Angkat Beban Ringan

Kita bisa melakukan angkat beban separuh dari beban maksimal kemampuan tubuh masing-masing. Olahraga ini sangat baik untuk merangsang kerja otot agar tidak menjadi kaku. Ini bisa dilakukan baik di tempat pusat kebugaran maupun di rumah.

Jika tidak mempunyai peralatan angkat beban di rumah, kita bisa menggunakan peralatan apa pun yang sekiranya memiliki massa yang wajar. Intinya, jangan terlalu menekan diri agar tidak terlalu letih sebelum masuk waktu buka puasa.

Ikuti terus tips dan trik berolahraga dari INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%