5 Kontroversi yang Mewarnai Olahraga eSports PUBG

Minggu, 12 Mei 2019 14:37 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Moneycontrol
5 kontroversi yang mewarnai game eSport PUBG. Copyright: © Moneycontrol
5 kontroversi yang mewarnai game eSport PUBG.

INDOSPORT.COM - PlayerUnknown's Battlegrounds atau yang dikenal dengan PUBG adalah salah satu game eSports yang memiliki penggemar terbanyak di dunia. Namun, karena hal itulah banyak pula kontroversi dan kejadian-kejadian memilukan yang muncul dikarenakan terlalu cinta terhadap game tersebut.

Berikut lima kontroversi yang mewarnai game PlayerUnknown's Battlegrounds seperti dilansir dari laman portal berita Fox Sports Asia:

1. Seorang remaja terjun dari lantai empat akibat terinspirasi PUBG

Seorang remaja laki-laki berusia 13 tahun di China terjun dari lantai empat akibat terinspirasi dari game PUBG. Setelah tragedi itu, sang ibu menganggap PUBG menjadi penyebab kematian anaknya.

Paska berita tersebut menjadi viral di dunia, pemerintah China segera memblokir PUBG, Fortnite, dan sembilan game eSports lainnya untuk beredar dan dimainkan di negara tersebut.

2. Remaja di Rusia menusuk orang tak dikenal

Seorang remaja berusia 15 tahun di Rusia menusuk orang tak dikenal sampai tewas. Berdasar keterangan pihak kepolisian, remaja tersebut hanya ingin mempraktikkan skenario dalam video game.

Ketika keciduk polisi, remaja itu masih bermain PUBG di kamarnya. Setelah berhasil diamankan, bocah itu berkata bahwa ada suara di dalam kepalanya yang memintanya untuk menusuk orang lain.

3. Seorang remaja menembak rekannya dengan shotgun di Irak

Salah satu jenis senjata yang dapat digunakan dalam PUBG adalah shotgun (senapan gentel). Remaja ini tampaknya ingin mencoba menggunakan senjata tersebut di kehidupan nyata.

Ternyata, mereka tidak tahu bahwa shotgun tersebut ada pelurunya. Akhirnya, salah satu dari mereka yang bernama Aso Azad Mohammed tertembak dan meninggal.

4. Seorang wanita menusuk kekasihnya yang kecanduan PUBG

Seorang wanita di Washington yang bernama Barber Emily Javier menusuk kekasihnya dengan katana dikarenakan sang kekasih terlalu sering bermain PUBG hingga melupakannya.

Emily berkata bahwa pacarnya itu setiap hari hanya duduk di dalam rumah sambil bermain game dan tidak pernah mau membantu pekerjaan Emily. Padahal, mereka berdua tinggal bersama.

5. PUBG itu haram

Di Indonesia, MUI mengeluarkan wacana tentang fatwa haram bermain PUBG. Meskipun mereka belum secara resmi dan tertulis mendklarasikan bahwa PUBG itu haram, tapi ada wacana untuk melakukan hal tersebut.

Wacana mereka ini terkait dengan penembakan yang terjadi di Masjid Christchurch Selandia Baru beberapa waktu yang lalu. Kabarnya, pelaku penembakan tersebut terinspirasi dari PUBG.

PUBG adalah sebuah game tentang survival battle royale, atau bertahan hidup melalui pertarungan bebas, sebuah permainan yang mengharuskan kita sebagai pemain untuk bertahan hidup dengan cara membunuh pemain lain.

Terlepas dari apakah game tersebut mendukung kekerasan dan tindakan amoral atau tidak, efek PlayerUnknowns' Battlegrounds bergantung dari siapa yang memainkannya. 

Ikuti Terus Perkembangan Berita eSport PlayerUnknown's Battlegrounds Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%