Desa Kutuh, Kawasan Sport Tourism yang Disambangi Presiden Joko Widodo

Sabtu, 18 Mei 2019 14:30 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Arum Kusuma Dewi
© OJI/Humas
Jokowi bersama atlet paralayang. Foto: Sekretariat Kabinet Copyright: © OJI/Humas
Jokowi bersama atlet paralayang. Foto: Sekretariat Kabinet

INDOSPORT.COM – Usai mengunjungi kawasan Mandalika di Nusa Tenggara Barat yang akan dijadikan lintasan MotoGP, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung melakukan kunjungan kenegaraan ke Pulau Bali pada Jumat (17/05/19).

Di Pulau Dewata, Presiden langsung menuju Desa Kutuh setelah mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Di desa tersebut memang tengah bersolek menjadi kawasan sport tourism yang bisa digunakan untuk semua multi event olahraga.

Saat kunjungannya ke desa yang terletak di dekat Pantai Pandawa ini Presiden didampingi Menteri Desa PDTT Eko Putro Sanjojo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Dalam kunjungannya kali ini ke Mandalika dan Desa Kutuh untuk meninjau kawasan olahraga, Presiden tidak didampingi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Menurut Presiden, kawasan desa tersebut bisa menjadi percontohan pengelolaan dana desa yang baik dan benar sehingga memiliki manfaat bagi pembangunan olahraga di kawasan Bali.

“Ini dana desa bisa meningkatkan ekonomi di wilayah tersebut dengan menyewakan lapangan sepak bola untuk kompetisi internasional dan lahan yang digunakan sebagai paralayang,” ujar Presiden seperti dilansir dari situs resmi Sekretariat Kabinet.

Dalam kunjungannya tersebut, Presiden menyempatkan berbincang dengan tiga atlet paralayang yang tengah berlatih di waktu yang sama dengan kunjungan orang nomor satu di Indonesia ini. Olahraga ini bisa memberi pemasukan untuk Desa Kutuh sebesar Rp800 juta per tahunnya.

Presiden juga berharap desa seperti Kutuh bisa menjadi percontohan desa lainnya untuk lebih mandiri dan mau mengelola lahan yang bisa bermanfaat untuk kemajuan olahraga nasional.

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM