Pesaing Indonesia dalam Bidding Tuan Rumah Olimpiade 2032, Malaysia Rival Terberat?

Sabtu, 18 Mei 2019 14:00 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Indosport.com
Indonesia resmi mengajukan diri jadi tuan rumah Olimpiade 2032. Copyright: © Indosport.com
Indonesia resmi mengajukan diri jadi tuan rumah Olimpiade 2032.

INDOSPORT.COM - Indonesia telah resmi bidding tuan rumah Olimpiade 2032, siapakah rival terberat? Apakah Malaysia dan Singapura? Berikut ulasannya.

Ya, sejak Februari 2019 kabar resmi Indonesia mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 memang sudah terdengar. Ini ditandai dengan penyerahan surat asli Presiden RI kepada Presiden International Olympic Committee (IOC), Thomas Bach tepatnya pada tanggal 19 Februari lalu.

Jumat (17/05/19) kemarin, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam pertemuan dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional, Thomas Bach di Museum Olimpiade, Lausanne, Swiss.

Menurut Erick, pertemuan itu untuk memberi kepastian bahwa Indonesia siap dalam menyelenggarakan Olimpiade 2032. Erick menambahkan sejumlah fasilitas olahraga dan stadion juga sudah tersedia di Indonesia.

"Dengan pertemuan hari ini, Indonesia juga membuktikan keseriusan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade. Karena itu saya sendiri diminta hadir kembali tanggal 21 Juni, untuk bersiap dengan segala langkah-langkah yang harus disiapkan," jelas Erick.

Dengan langkah ini, tentu ke depannya Indonesia akan berupaya untuk terus menunjukkan keseriusan ingin menyelenggarakan Olimpiade 2032, dan tentu saja berbekal dengan kesuksesan mengadakan Asian Games 2018 lalu.

Namun, kesuksesan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang kemarin, tidak menjadi patokan. Pasalnya, negara lain yang ikut bidding tuan rumah Olimpiade 2032 juga merupakan pesaing terberat.

Siapa saja saingan Indonesia dalam bidding tuan rumah Olimpiade 2032 nanti? Berikut INDOSPORT akan membahasnya, termasuk Malaysia.