Masih Terdengar Asing, Ini 6 Cabang Olahraga 'Aneh' di SEA Games 2019

Sabtu, 18 Mei 2019 20:39 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Logo SEA Games 2019 yang akan berlangsung di Manila, Filipina. Copyright: © INDOSPORT
Logo SEA Games 2019 yang akan berlangsung di Manila, Filipina.

INDOSPORT . COM - SEA Games 2019, perhelatan pesta olahraga terbesar negara-negara Asia Tenggara ini ternyata akan dihiasi oleh sejumlah cabang olahraga aneh. Apa sajakah cabang olahraga aneh yang dimaksudkan itu?

Ya, tahun ini, masyarakat yang tinggal di kawasan Asia Tenggara akan dimeriahkan dengan gelaran SEA Games 2019. Perhelatannya bakal digelar di Kota Manila, Filipina, mulai 30 November 2019 mendatang.

Gelaran SEA Games 2019 terbilang cukup spesial. Edisi tahun ini diketahui akan memperingati 60 tahun penyelenggaraan SEA Games, sejak pertama kali diadakan pada tahun 1959 silam.

Menjadi lebih spesial lagi, SEA Games 2019 ternyata bakal dihiasi cabang olahraga yang tak biasa alias aneh. Saking anehnya, mungkin jarang sekali masyarakat yang mengenal atau mengetahui cabang olahraga tersebut.

Lalu, apa sajakah cabang olahraga aneh yang dimaksudkan itu? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan singkat berikut ini.


Arnis

Olahraga Arnis sebenarnya hanya namanya saja yang terdengar asing. Pada dasarnya, Arnis merupakan salah satu jenis olahraga bela diri.

Menjadi cukup berbeda, Arnis ternyata merupakan olahraga bela diri asli Filipina. Fokus dari Arnis sendiri adalah mengembangkan kemampuan para atletnya dalam seni bela diri menggunakan tongkat.

Arnis sudah menghiasi gelaran SEA Games 2005 silam. Namun, kala itu Arnis hanya menjadi pertunjukan saja, dan tidak dipertandingkan.


Sambo 

Berikutnya ada cabang olahraga Sambo yang namanya terbilang cukup aneh bagi masyarakat luas. Sambo sendiri ternyata masih merupakan jenis olahraga bela diri.

Sambo populer sebagai seni bela diri modern yang dikembangkan di Uni Soviet (sekarang Rusia). Pada prakteknya, Sambo terlihat seperti tarung bebas atau gulat.

Cabang olahraga Sambo pun akan dipertandingkan di SEA Games 2019. Kontingen Indonesia rencananya juga bakal mengirimkan perwakilannya untuk bertanding dalam cabor Sambo ini.