3 Olahraga Ampuh Hancurkan Lemak Jahat Usai Santap Hidangan Lebaran

Kamis, 6 Juni 2019 12:31 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tepat hari ini seluruh umat muslim di dunia tengah merayakan kemenangan dalam balutan Hari Raya Idul Fitri, usai melaksanakan puasa selama 30 hari lamanya.

Namun, banyak masyarakat yang kadang suka berlebihan dalam merayakan momen kemenangan tersebut, terutamanya dalam menyantap hidangan lebaran seperti rendang daging, opor ayam, ketupan dan minuman-minuman manis lainnya.

Hal tersebut tentunya bisa mengakibatkan berat badan Anda berubah, dari berat badan ketika menjalani puasa. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena terdapat sejumlah aktifitas olahraga yang bisa menghancurkan lemak makanan tersebut.

“Olahraga merupakan kegiatan yang wajib untuk dilakukan agar tubuh sehat dan menjaga berat badan tetap ideal. Namun, tidak sedikit orang yang jarang berolahraga dengan alasan tidak ada waktu lantaran pekerjaan, keluarga dan kewajiban sosial,” kata dr. Alberta Jesslyn Gunardi dikutip dari KlikDokter.

Lantas, olahraga apa saja yang cocok untuk membakar kalori setelah Lebaran? Simak jenis-jenis yang dianjurkan dr. Jesslyn sebagai berikut:

1. Lari

Lari menjadi salah satu olahraga paling mudah yang bisa dilakukan setiap orang, untuk membakar kalori dan lemak makanan ditubuh. Lari dengan kecepatan 12 km per jam akan menghilangkan lemak cukup banyak. 

Hampir 1000 kalori per jam yang bisa dibakar ketika Anda berlari. Bila Anda mulai lelah, cobalah untuk berlari cepat pada interval 2 menit dan berganti dengan 1 menit jogging.

2. Berenang

Olahraga lain yang bisa dilakukan usai menyantap makanan berlemak saat lebaran, adalah berenang. Meski kegiatan olahraga tersebut berada di dalam air, tapi bukan berarti aktifitas ini tidak bisa membakar kalori. alori. 

Pasalnya, seluruh anggota tubuh Anda bergerak ketika berenang. Rata-rata kalori yang terbakar per jam ketika berenang adalah 600 hingga 900 kalori, tergantung gayanya.

3. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang cukup menyenangkan. Aktifitas ini bisa Anda lakukan kapan saja, khusunya usai menikmati hidangan berlemak pada saat Idul Fitri. 

Jumlah kalori yang terbakar tergantung dari kecepatan Anda bersepeda. Ketika bersepeda dengan kecepatan 22 km per jam, Anda dapat membakar 500 hingga 700 kalori setiap jam. 

Semakin cepat mengayuh sepeda, maka kalori yang terbakar akan semakin banyak. Hayo kita olahraga, jangan malas untuk melakukannya demi pinggang dan ukuran celana yang ideal ya.