Liga Champions

Liverpool Gagal ke Piala Dunia Antarklub Meski Juara Liga Champions, Kok Bisa?

Minggu, 2 Juni 2019 11:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images
Liverpool juara Liga Champions Virgil van Dijk dinobatkan sebagai pemain terbaik. Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images Copyright: © Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images
Liverpool juara Liga Champions Virgil van Dijk dinobatkan sebagai pemain terbaik. Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images

INDOSPORT.COM – Liverpool dipastikan tidak bisa tampil di Piala Dunia Antarklub setelah menjuarai Lga Champions 2018/19. Pasalnya, FIFA telah melakukan perubahan format turnamen pada bulan Maret lalu.

Kubu besutan Jurgen Klopp akhirnya mampu menjuarai Liga Champions 2018/2019. Keberhasilan itu didapat setelah Liverpool meraih kemenangan atas Tottenham Hotspur, Minggu (02/06/19) dini hari WIB.

Bermain di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Liverpool meraih kemenangan dua gol tanpa balas, lewat eksekusi penalti Mohamed Salah dan sepakan mendatar Divock Origi.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, juara Liga Champions secara otomatis akan masuk ke turnamen Piala Dunia Antarklub yang digelar setahun sekali.

Sayangnya, The Reds yang keluar sebagai kampiun Eropa musim ini, tidak mendapatkan kesempatan itu. Apa penyebabnya?

Menurut laman Squawka, hal tersebut berkaitan dengan keputusan FIFA pada bulan Maret lalu yang mengubah turnamen untuk diadakan setiap empat tahun sekali.

Akibatnya, turnamen tidak akan berlangsung tahun ini dan kejuaraan pertama dengan format baru (menampilkan 24 klub dari 6 konfederasi) akan berlangsung pada 2021 mendatang.

FIFA sendiri menganggap keputusan ini merupakan sebuah revolusi baru sepak bola antar klub. Sehingga nantinya, turnamen ini mulai dianggap serius oleh klub – klub besar di seluruh dunia, khususnya di Eropa.

Piala Dunia Antarklub pertama kali digelar pada tahun 2000 dengan delapan tim Eropa yang ikut termasuk Liverpool. Real Madrid sendiri menjadi tim yang paling sukses di turnamen ini dengan raihan empat gelar.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
20%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
20%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
40%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
20%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%