Kumpulkan 45 Ton Sampah Plastik, Jepang Siap Bikin Gebrakan di Olimpiade Tokyo 2020

Selasa, 11 Juni 2019 17:08 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Japan Times
Obor Olimpiade Tokyo 2010 dibuat dari puing-puing alumunium bencana tsunami dan nuklir Fukushima Copyright: © Japan Times
Obor Olimpiade Tokyo 2010 dibuat dari puing-puing alumunium bencana tsunami dan nuklir Fukushima

INDOSPORT.COM - Jepang siap membuat banyak negara di dunia terpukau dengan terobosan ramah lingkungan yang akan diterapkan di Olimpiade Tokyo 2020.

Dilansir dari channelnewsasia, pihak penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 saat ini sedang mengumpulkan 45 ton sampah plastik untuk membuat 100 podium.

Sampah-sampah itu berasal dari limbah plastik yang disumbangkan oleh penduduk setempat. Atau bisa juga dari hasil pengumpulan sampah plastik yang selama ini mencemari lautan.

CEO Olimpiade Tokyo 2020, Toshiro Muto mengatakan bahwa rencana itu adalah upaya keberlanjutan untuk menyelamatkan ekosistem dunia. Cinta lingkungan akan menjadi tema utama dalam ajang bergengsi empat tahunan tersebut. 

"Dengan mengirimkan pesan itu ke Jepang dan seluruh dunia, kami pikir proyek ini akan memiliki makna yang sangat besar," ujar Toshiro Muto.

Panitia 2020 sangat tertarik untuk mempromosikan pesan ramah lingkungan di Olimpiade, termasuk membuat semua medali dari limbah elektronik daur ulang.

Mereka telah mengumpulkan 2.700 kg perunggu, 30,3 kg emas, dan 4.100 kg perak yang berasal dari industri di Jepang.

Bahkan seluruh jersey yang akan dipakai oleh kontingen Jepang juga merupakan pakaian daur ulang yang dikumpulkan dari seluruh negara.

Olimpiade Tokyo 2020 akan mulai berlangsung pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2019 mendatang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%