Komunitas Sehat

Seru! Wanita Terkuat di Indonesia Kenalkan Olahraga Crossfit di Jogja

Sabtu, 29 Juni 2019 16:07 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Cosmas Bayu Agung Sadhewo/INDOSPORT
Jemima Djatmiko, atlet Crossfit asal Indonesia ketika diwawancara oleh INDOSPORT. Foto: Cosmas Bayu/INDOSPORT Copyright: © Cosmas Bayu Agung Sadhewo/INDOSPORT
Jemima Djatmiko, atlet Crossfit asal Indonesia ketika diwawancara oleh INDOSPORT. Foto: Cosmas Bayu/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Sejumlah komunitas olahraga berkumpul di Lapangan Karang, Yogyakarta, pada Sabtu (29/06/19) pagi. Di sebuah lapangan sepak bola yang terletak di wilayah Kotegede tersebut, mereka melakukan crossfit dengan bimbingan langsung dari Wanita Terkuat di Indonesia, Jemima Djatmiko.

Beragam peserta dari komunitas olahraga mengikuti kegiatan yang dimulai pada pukul 7.30 WIB tersebut. Di antaranya adalah Freeletics Yogyakarta dan Komunitas Fitness Lembah UGM.

Selain komunitas olahraga yang berada di Yogyakarta, acara bertajuk Bhumi Satoe Unleash! Join The Alliance itu juga diikuti oleh beberapa pemain dari tim basket Bima Perkasa Jogja yang ikut meramaikan acara.

Acara workout bareng itu bertujuan untuk memperkenalkan jenis olahraga crossfit kepada komunitas yang ada di Jogja. Crossfit sendiri merupakan program latihan menggunakan kegiatan fungsional sehari-hari dengan waktu singkat disertai intensitas tinggi.

Setiap harinya, crossfitter (orang yang melakukan crossfit) akan melahap menu olah tubuh dan otot yang berbeda.

“Kami memilih melakukan kegiatan ini di Jogja karena sebelumnya di sini belum ada."

"Jenis olahraga ini pada dasarnya kita latihan menggunakan alat-alat yang tidak lazim kita temui di gym atau tempat fitness, seperti ban, tambang dan lain-lain,” kata Nino Indrawan selaku pemilik Bhumi Hostel yang juga jebolan kompetisi ketahanan fisik Indonesia Pro Warrior Season 2.

Jenis olahraga crossfit dipilih karena latihan yang dilakukan merupakan jenis latihan fungsional melibatkan seluruh bagian tubuh menggunakan alat-alat sederhana yang bisa ditemui di mana saja.

“Crossfit bisa dilakukan oleh semua orang, namun harus memperhatikan level kebugaran fisik dan kebutuhan latihan. Intinya, di crossfit akan lebih banyak body movement,” imbuh Jemima Djatmiko yang sudah menggeluti crossfit sejak tahun 2013.

Jemima menambahkan, ia memperkenalkan crossfit di Jogja dengan tujuan untuk mengampanyekan gaya hidup sehat lewat olahraga.

Wanita yang dianugerahi gelar International Next Great Trainer by Dr Oz itu ingin anak muda di Jogja bisa menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya dengan melakukan olahraga crossfit yang sangat mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja.