Pangeran Inggris Sempat Kecam Game eSports Fortnite karena Bikin Kecanduan

Rabu, 10 Juli 2019 13:18 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Epic Games
Salah satu game eSports, Fortnite. Copyright: © Epic Games
Salah satu game eSports, Fortnite.

INDOSPORT.COM – Pangeran Harry selaku anggota Kerajaan Inggris pernah mengecam kehadiran game eSports Fortnite karena efek kecanduan yang dianggap berbahaya, terutama bagi anak-anak.

Suami dari Meghan Markle ini mengatakan Fortnite seharusnya dilarang karena tidak memiliki manfaat dan hanya memberikan efek buruk seperti kecanduan.

Pangeran yang memiliki gelar Duke of Sussex itu juga menambahkan game yang populer hampir di seluruh dunia ini juga diciptakan untuk seorang pencandu.

"Permainan itu seharusnya dilarang. Jika dimainkan apa manfaatnya dalam kehidupan Anda? Hanya membuat kecanduan dan terus berada di depan komputer selama mungkin,” kata Pangeran Harry, saat diwawancarai secara eksklusif oleh BBC.

"Ini seperti menunggu kerusakan yang terjadi pada keluarga Anda, terutama pada anak-anak. Game ini diciptakan untuk para pencandu,” tambahnya.

Fornite merupakan game battle royale yang dibuat oleh Epic Games, dan tersedia secara gratis untuk dimainkan secara online melalui konsol seperti Playstation 4 dan XBox One, serta komputer.

Akan tetapi, setelah merebaknya game battle royale, hampir di beberapa negara seperti dilanda ‘epidemi’ penyakit kecanduan game yang menjadi masalah. Apalagi, WHO telah meresmikan bahwa hal tersebut sebagai salah satu dari kategori penyakit mental.