Kemegahan Asian Games 2018 Buat Sport Tourism Jakarta Berkembang

Selasa, 23 Juli 2019 11:12 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
© Muhammad Nabil/INDOSPORT
Jakarta International Velodrome Copyright: © Muhammad Nabil/INDOSPORT
Jakarta International Velodrome

INDOSPORT.COM - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) DKI Jakarta menganggap kemegahan ajang Asian Games 2018 membuat sport tourism Ibu Kota Indonesia berkembang.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinparbud DKI Jakarta Edy Junaedi disela-sela acara Pameran Hologram Sejarah Jakarta dalam gelaran Monas Week 2019 di kawasan Gambir.

"Sudah. Kami pun punya beberapa venue yang standar internasional seperti Velodrome (Rawamangun), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Senayan), dan tempat-tempat lainnya" ucap Edy saat ditemui langsung awak redaksi olahraga INDOSPORT.com, Senin (22/07/19).

Edy menambahkan kalau DKI Jakarta sudah menjadi pos tersendiri dalam event-event olahraga internasional dan salah satunya yang tengah ramai ialah perhelatan balapan mobil listrik Formula E.

"Jadi momentum keberhasilan pelaksanaan Asian Games 2018 itu sedang kami kapitalisasi menjadi modal dasar dalam destinasi utama Jakarta di sport tourism dan sudah berjalan," sambung Edy.

Seperti diketahui Asian Games 2018 dihelat di Jakarta dan Palembang. Hal ini juga menjadi salah satu sejarah dimana perhelatan Pesta Olahraga Asia dihelat di dua tempat.

Perhelatan ini pun mendapat banyak pujian dari media-media asing. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang membuka perhelatan Asian Games 2018 dan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kala yang menutupnya.

Indonesia pun sukses mendulang 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu dari berbagai cabang olahraga yang diikuti pada pagelaran Asian Games 2018 lalu.