Penutupan ASEAN School Games 2019, Peserta Nikmati Pesona Candi Borobudur

Rabu, 24 Juli 2019 19:51 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Kemenpora.go.id
Kontingen Indonesia sukses menjadi juara umum ajang ASEAN School Games 2019 yang resmi berakhir pada Rabu (24/07/19). Copyright: © Kemenpora.go.id
Kontingen Indonesia sukses menjadi juara umum ajang ASEAN School Games 2019 yang resmi berakhir pada Rabu (24/07/19).

INDOSPORT.COM – Candi Borobudur jadi saksi penutupan ajang ASEAN School Games 2019 yang secara resmi telah berakhir pada Rabu (24/07/19).

Tak hanya sukses dalam hal penyelenggaraan, Indonesia sebagai tuan rumah pesta olahraga pelajar se-Asia Tenggara itu juga berhasil merebut gelar juara umum.

Kontingen Indonesia memastikan diri menjadi juara umum ASEAN School Games 2019 setelah menyabet 102 medali dengan rincian 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu. Di bawah Indonesia, ada Thailand yang menempati posisi kedua lalu disusul Malaysia yang berada di tempat ketiga.

Seperti halnya pada waktu pembukaan, acara penutupan ASEAN School Games 2019 juga berlangsung meriah. Sehari sebelum semua atlet kembali ke nagaranya, mereka diajak mengunjungi objek-objek wisata ikon kota Semarang seperti Kuil Sam Poo Kong dan Lawang Sewu.

Kemudian, acara resmi penutupan digelar di Taman Lumbini Candi Borobudur, Magelang. Gelaran ASEAN School Games 2019 pun berakhir sempurna karena diakhiri dengan eksotisme dan keindahan Candi Borobudur.

Acara penutupan tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Dalam sambutannya, Ganjar berharap ajang ASEAN School Games 2019  bisa membangun persahabatan antar negara-negara ASEAN di masa mendatang.

“Selamat kepada seluruh pemenang. Segala peluh keringat, waktu, serta dedikasi yang telah diberikan kini terbayar sudah. Bagi yang kalah, ingat bahwa yang terkuat bukanlah yang selalu menang, tapi yang terkuat adalah yang tak pernah menyerah saat mereka kalah,” ujar Ganjar.

Ia menambahkan, kebersamaan yang telah terjalani selama gelaran ASEAN School Games 2019 meruapakan suatu hal yang tidak ternilai harganya dan diharapkan terus berlanjut di masa depan.

“ASEAN Schools Games 2019 mungkin berakhir hari ini, tapi kebersamaan dan persahabatan akan terus terjalin. Semoga semua kenangan menyenangan di Semarang, Jawa Tengah, akan membawa kalian kembali ke sini dan kita akan bertemu lagi,” tambah Ganjar.

Mengakhiri rangkaian upacara penutupan, seluruh peserta berkesempatan untuk menikmati matahari terbenam dari atas Candi Borobudur, yang merupakan candi Buddha terbesar di dunia.

Setelah sukses digelar di Indonesia dengan Semarang sebagai tuan rumah, ASEAN School Games selanjutnya akan digelar di Filipina. Kota Dumaguete dipercaya menjadi tuan rumah ASEAN School Games 2020.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%