Komunitas Sehat

Awas Kena Heat Stroke! Ini 3 Tips Olahraga saat Cuaca Panas

Minggu, 28 Juli 2019 13:01 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© 99.co
Ilustrasi Jogging. Copyright: © 99.co
Ilustrasi Jogging.

INDOSPORT.COM – Indonesia tengah memasuki musim kemarau, dan tentu intensitas terik matahari lebih tinggi dan membuat lingkungan sekitar menjadi panas. Berolahraga dengan kondisi tubuh dan lingkungan yang panas bisa berujung fatal, salah satunya adalah terkena heat stroke.

Heat stroke adalah kondisi ketika tubuh mengalami peningkatan suhu yang sangat tinggi dan tubuh tidak mampu mengatur kondisi ini. Heat stroke bisa mengancam jiwa jika gagal ditangani dengan baik.

Maka guna mencegah terjadinya heat stroke, berikut portal media olahraga INDOSPORT.com merangkum sejumlah tips olahraga saat cuaca panas.

1. Kenali Gejala Tubuh

Sebelum memasuki heat stroke, tubuh akan mengalami heat exhaustion dengan beberapa gejala seperti kram otot, denyut nadi cepat dan lemah, mual, kulit dingin namun berkeringat, pusing dan sakit kepala, bahkan pingsan.

Jadi, usahakan berolahraga secukupnya dan kenali gejala tubuh agar tidak terlanjur terkena heat exhaustion.

2. Minum Cukup

Berolahraga saat cuaca panas tentu membuat beban tubuh jadi lebih berat. Kondisi ini akan menguras cadangan air dan mineral dalam tubuh, sehingga harus cepat diganti dengan air minum yang cukup.

Sejak sebelum olahraga hingga setelahnya, pastikan memenuhi kebutuhan cairan secara berkala. Usahakan minum untuk tiap 20 menit sekali saat olahraga, dan upayakan memenuhi kebutuhan cairan yang mengandung elektrolit natrium, kalium, dan magnesium.

3. Gunakan Pakaian yang Tepat

Pilihan pakaian juga mempengaruhi kondisi tubuh saat berolahraga di cuaca panas. Pilihlah pakaian berbahan kaos yang ringan dan longgar agar keringat mudah menguap. Pakaian juga sebaiknya berwarna cerah agar tidak mudah menyerap panas dari sinar matahari.

Hindari penggunaan jaket yang bisa menyimpan panas tubuh, yang bisa membuat resiko heat stroke semakin besat. Jangan ragu untuk menggunakan topi dan kacamata hitam jika terganggu dengan terik matahari, namun pastikan pula sirkulasi udara di area kepala tetap stabil.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%