Keren dan Menggemaskan, Inilah 2 Maskot PON Papua 2020

Kamis, 1 Agustus 2019 20:30 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© jubi.co.id
Maskot PON Papua 2020, Kangpho dan Drawa. Copyright: © jubi.co.id
Maskot PON Papua 2020, Kangpho dan Drawa.

INDOSPORT.COM – Gubernur Papua, Lukas Enembe meluncurkan maskot dan logo PON 2020 yang dipilih dari dua hewan endemik, yakni Kanguru dan burung Cenderawasih. 

Salah satu maskot dari hewan endemik khas Papua bernama Kangpho, yang terinspirasi dari kanguru pohon mantel emas yang kerap menjadi hewan populer asal Australia ternyata juga ada di Papua.

Kangpho digambarkan menggunakan rumbe-rumbe pada bagian atas kepala dan di pinggang yang merupakan busana kebesaran untuk kaum laki-laki dan perempuan, dengan dihiasi ukiran di pinggang yang merupakan desain khas Papua.

Sementara di depan mahkota juga terdapat gambaran gunung bersalju yang merupakan gambaran puncak Gunung Jayawijaya dan warna kuning di bawahnya sebagai simbol kekayaan tambang bumi Papua.

Kemudian, maskot satunya yang terinspirasi dari burung cenderawasih diberi nama Drawa yang merupakan satwa endemik asli Papua. Satwa ini juga dihiasi dengan mahkota dan rumbe-rumbe.

Namun yang membedakan ialah di bagian dadanya tersemat medali dengan tali merah putih yang menandakan kebersamaan memperebutkan medali dalam bingkai NKRI. Warna oren di tubuhnya memiliki arti kehangatan, persahabatan dan cinta kasih.

Sedangkan warna kuning di kepala Drawa adalah warna asli cenderawasih yang bermakna semangat, kehangatan dan kegembiraan. Jumlah sayap, ekor dan jari pada kedua kakinya melambangkan tanggal dimulainya kejuaraan nasional pada tanggal 20, tahun 2020 pukul 20.00 WIT.

Di sisi lain, Stadion Papua Bangkit yang baru diresmikan dijadikan logo PON 2020 yang merupakan simbol kemegahan di bidang olahrga rakyat Papua.

© Sudjarwo/INDOSPORT
Logo PON Papua XX. Copyright: Sudjarwo/INDOSPORTLogo PON Papua XX.

Sementara latar gunung bermakna Papua memiliki banyak gunung dan sumber kekayaan alam yang melimpah dan 3 buah lingkaran di atasnya yang berwarna merah, kuning dan hijau berarti prestasi, sportivitas, dan solidaritas yang akan menjadi pemersatu rakyat.

Sebagai informasi tambahan, PON 2020 rencanakan akan digelar pada 20 Oktober 2020 mendatang dan akan mempertandingkan 47 cabang olahraga.