Advertorial

Percepat Ekonomi Desa, Pemprov Jabar Gandeng Bank bjb Optimalisasi BUMDes

Rabu, 7 Agustus 2019 01:42 WIB
Editor: Isman Fadil
© Bank bjb
Bank bjb bekerja sama dengan Pemprov Jabar untuk percepatan ekonomi desa Copyright: © Bank bjb
Bank bjb bekerja sama dengan Pemprov Jabar untuk percepatan ekonomi desa

INDOSPORT.COM - Sebagai daerah yang memiliki potensi ekonomi desa yang menjanjikan, Provinsi Jawa Barat yang menjadi salah satu finalis Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Award, mempunyai program kerja unggulan yaitu Optimalisasi BUMDes. Untuk itu, Pemprov Jabar menggandeng bank bjb yang memiliki peran sebagai koordinator kelompok kerja optimalisasi akses keuangan.

Dalam rangka pelaksanaan TPAKD Award periode program tahun 2019, Senin dan Selasa 5-6 Agustus 2019, dilakukan sosialisasi" Optimalisasi Peran BUMDes di Desa Arjasari dan Cibuluh” yang bertempat di Gedung Pakuan. 

Acara ini dihadiri oleh Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Edi Nasution Yudi (Asda), Sarjito (Deputi Komisionaries OJK Bidang EPK), Yuddy Renaldi (Direktur Utama Bank bjb), dan tamu undangan lainnya.

Setidaknya ada 5 Kabupaten di Jawa Barat yang memiliki BUMDes dengan potensi ekonomi untuk dikembangkan, akan tetapi masih terkendala dalam akses keuangan. Adapun tujuan Optimalisasi Bumdes bersama bank bjb di antaranya:

1. Membentuk unit usaha di bawah BUMDes memiliki status badan hukum (PT/Koperasi).

2. Terbukanya akses keuangan, meliputi :
- Agen Laku Pandai
- KUR
- bjb Mesra
- DPLK
- Pengelolaan Giro Desa
- Internet banking Corporate
- PPOB
- Membuka peluang lebih besar untuk mengembangkan unit usaha melalui kerjasama dengan pihak lain

Dalam kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan bank bjb No. 119/17/DPM-Desa dan 008/NK/DIR-INS/2018 tentang Percepatan Peningkatan Pembangunan dan Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat Melalui Pemanfaatan Fasilitas Layanan Perbankan Tanggal 6 Juni 2018, ruang lingkup kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan bank bjb  dalam kesepakatan tersebut ialah:
- Peningkatan Kapasitas melalui pelatihan, pengelolaan bisnis penguatan Lembaga Perekonomian Masyarakat
- Pendampingan teknis penguatan Lembaga Perekonomian Masyarakat
- Layanan keagenan Laku Pandai
- Penyaluran fasilitas kredit bagi Usaha Kredit Mikro
- Pengelolaan Keuangan Desa melalui Layanan Perbankan.

"Diharapkan dengan adanya TPAKD Award ini BUMDes lain di Provinsi Jawa Barat akan terus terpacu menghasilkan yang terbaik bagi daerahnya dan juga tentunya ini hal ini memberikan dampak positif bagi Provinsi Jawa Barat sebagai finalis TPAKD Award, bahwa kerja keras tim TPAKD di Jawa Barat memberikan bukti nyata sebut," ujar Yuddy Renaldi, selaku Direktur Utama bank bjb.