Komunitas Sehat

Gerakan Wu Qin Xi Jenis Qigong, Pelatihan Energi Turun Temurun dari China Kuno

Sabtu, 14 September 2019 13:29 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Muhammad Harris Muda/INDOSPORT
Peringati World Health Qigong Day, Remanlay Institute bersama Dr. Tan gelar pelatihan Wu Qin Xi jenis Qigong yang bertempat di Discovery Park, Bintaro, Tangerang Selatan, pada Sabtu (14/9/19) Copyright: © Muhammad Harris Muda/INDOSPORT
Peringati World Health Qigong Day, Remanlay Institute bersama Dr. Tan gelar pelatihan Wu Qin Xi jenis Qigong yang bertempat di Discovery Park, Bintaro, Tangerang Selatan, pada Sabtu (14/9/19)

INDOSPORT.COM - Demi memperingati hari kesehatan Qigong Sedunia yang jatuh pada  hari ini, Dr. Tan bersama Remanlay institute sukses menggelar pelatihan Wu Qin Xi jenis Qigong di Discovery Park Bintaro, Tangerang Selatan, pada Sabtu (14/09/19) pagi.

Qigong atau yang biasa disebut ‘Chi kung’ merupakan satu pelatihan energi yang sudah terbentuk pada zaman China kuno sekaligus bermanfaat untuk menjaga serta meningkatkan kondisi kesehatan tubuh.

Pada dasarnya, gerakan-gerakan pada Qigong juga berfungsi untuk menstimulasi energi tubuh manusia, sehingga dapat mengalir ke seluruh bagian yang ada.

Dalam acara bertajuk “Let’s Enjoy Wu Qin XI” yang sudah dimulai sekira pukul 07.00 WIB tadi pagi, turut menarik minat pengunjung taman untuk mencoba latihan gerakan Qigong, sembari menikmati hari libur akhir pekan.

Pelatihan itu setidaknya diikuti oleh kurang lebih 15 peserta termasuk beberapa murid dari sensei atau instruktur pelatihan Qigong dan tidak dipungut biaya sama sekali.

Henry Remanlay, selaku instruktur menjelaskan, bahwa teknik pada Qigong umumnya sepintas terlihat mirip dengan olahraga dari China lainnya. Namun ia menegaskan jika ‘Chi kung’ ini berbeda dengan olahraga sejenisnya yang lebih menekankan bela diri.

“Perbedaan antara Qigong dengan olahraga lain yaitu, pada ‘Chi kung’ kita menekankan pada tiga hal yakni, konsentrasi atau pikiran, napas, dan yang terakhir dari gerak itu sendiri,” ujar Henry kepada awak media redaksi berita Olahraga INDOSPORT.

© Muhammad Harris Muda/INDOSPORT
Peringati World Health Qigong Day, Remanlay Institute bersama Dr. Tan gelar pelatihan Wu Qin Xi jenis Qigong yang bertempat di Discovery Park, Bintaro, Tangerang Selatan, pada Sabtu (14/09/19). Copyright: Muhammad Harris Muda/INDOSPORTPeringati World Health Qigong Day, Remanlay Institute bersama Dr. Tan gelar pelatihan Wu Qin Xi jenis Qigong yang bertempat di Discovery Park, Bintaro, Tangerang Selatan, pada Sabtu (14/09/19).

Lebih lanjut, Wu Qin Xi jenis Qiong pada awalnya dikembangkan berdasarkan hasil pengamatan gerakan spesifik lima binatang yang membantu sirkulasi energi meridian akupuntur. Dalam praktiknya, Qigong melakukan gerakan ala hewan seperti, Harimau, Monyet, Bangau, Beruang, serta Kijang.  

“Semua gerakan pada ‘Chi kung’ semuanya sangat bermanfaat, karena di dalam pengobatan China gerakan Qigong didasari oleh hukum lima unsur yakni, unsur kayu, api, tanah, logam, dan air. Sehingga kesehatan yang optimal itu adalah pada saat energi dari seluruh lima unsur itu mengalir dengan baik dan bebas,” ucap Henry.

Berdasarkan kaidah kesehatan, Qigong dapat diartikan sebagai aktivitas untuk menyerap energi alam agar kesehatan meningkat.

Meski baru pertama kali dihelat di Indonesia khususnya Jakarta, acara pengenalan Wu Qin Xi jenis Qigong ini diharapkan kembali hadir setiap tahunnya demi menarik minat masyarakat untuk turut serta mengikuti pelatihan energi khas China kuno.

Penulis: Muhammad Harris Muda

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%