Demi PON 2020, KONI Papua Bakal Kirim Atlet Potensial ke Luar Negeri

Senin, 7 Oktober 2019 17:14 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Sudjarwo/INDOSPORT
Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya menjelaskan rencana untuk mengirim atlet ke luar negeri untung pemusatan latihan persiapan PON 2020. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya menjelaskan rencana untuk mengirim atlet ke luar negeri untung pemusatan latihan persiapan PON 2020.

INDOSPORT.COM - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua sudah mengagendakan untuk mengirim atlet-atlet potensial ke luar negeri guna menjalani pemusatan latihan (TC) terpusat menjelang perhelatan PON XX tahun 2020 mendatang.

Diungkapkan Sekretaris Umum KONI Provinsi Papua, Kenius Kogoya, bahwa pihaknya akan mengirimkan para atlet tersebut di negara-negara pencetus cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PON XX.

“Prinsipnya kita setuju sejauh anggaran kita itu mencukupi pasti atlet kita kirim ke beberapa negara, dengan mengutamakan negara dimana cabor itu berasal," ujarnya kepada sejumlah wartawan berita olahraga di Jayapura, Senin (07/10/19).

"Contohnya cabang olahraga sepak bola yang mengusulkan melakukan TC terpusat di Thailand, dimana diketahui Thailand merupakan negara dengan sepakbola yang baik di wilayah Asia Tenggara, dan kami KONI Papua setuju sejauh anggaran kita mencukupi,” sambungnya.

Jelas Kenius, program tersebut dalam upaya mewujudkan harapan Gubernur Papua untuk mencapai target lima besar serta menciptakan atlet Papua menuju prestasi Olimpiade.

“Jadi keinginan Bapak Gubernur supaya bagaimana kita bisa menyiapkan atlet yang potensial, tidak hanya untuk PON tapi bagaimana atlet-atlet dari ufuk timur bisa membanggakan Indonesia di event-event bergengsi lainnya seperti SEA Games, Asian Games dan Olimpiade,” terangnya.

Program yang digodok oleh KONI Paua ini juga merupakan program andalan Puslatprov Papua selama mengikuti TC terpusat.