Komunitas Sehat

3 Bahaya Olahraga Malam Bagi Kesehatan

Sabtu, 19 Oktober 2019 12:03 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
© Istock
Olahraga pada malam hari ternyata bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan. Copyright: © Istock
Olahraga pada malam hari ternyata bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan.

INDOSPORT.COM - Olahraga pada dasarnya memberi kesehatan bagi tubuh. Akan tetapi, olahraga pada malam hari ternyata bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan, Sob.

Bagi sebagian orang, mungkin termasuk kalian Sob, kesibukan kerja di hari biasa membuat waktu berolahraga sedikit terganggu.

Alhasil, kalian memilih untuk melakukan olahraga pada malam hari setelah selesai melakukan aktivitas sehari-hari, bisa sekolah, kuliah, atau bekerja.

Olahraga malam akhirnya menjadi pilihan dengan waktu yang seharusnya digunakan untuk beristirahat selepas menguras tenaga.

Perlu diketahui, olahraga malam bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan. Setidaknya ada tiga dampak buruknya, berikut penjelasannya.

Melemahkan Daya Tahan Tubuh

Olahraga malam sejatinya aman dilakukan, asalkan tetap memperhatikan kapasitas diri. Tubuh yang telah lelah karena aktivitas sepanjang hari bisa semakin melemah setelah berolahraga malam.

Intensitas olahraga yang berat bisa membuat daya tahan tubuh melemah. Selain itu, udara dingin di malam hari berpotensi membuat kalian terserang flu.

Memicu Sesak Napas

Olahraga malam membutuhkan asupan oksigen yang lebih tinggi ketimbang pagi hari. Hal itu disebabkan kandungan oksigen yang menipis di malam hari.

Memaksakan tubuh untuk dengan olahraga yang berat di malam hari dapat membuat sesak napas dan aliran oksigen ke seluruh tubuh terganggu.

Mengganggu Waktu Tidur

Pada dasarnya, malam hari adalah waktunya untuk beristirahat. Olahraga malam bisa mengganggu waktu tidur yang seharusnya dalam kondisi rileks.

Kalian butuh menjaga suhu tubuh ketika tidur. Apabila suhu tubuh meningkat, aktivitas tidur akan terganggu karena tubuh belum beristirahat secara total.