Komunitas Sehat

6 Tips Sukses dan Anti Gagal untuk Rutin Olahraga di Rumah

Minggu, 30 Juni 2019 19:54 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yohanes Ishak
© ndoindians.com
Mendengarkan musik saat berolahraga bisa menambah semangat Copyright: © ndoindians.com
Mendengarkan musik saat berolahraga bisa menambah semangat

INDOSPORT.COM – Olahraga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, termasuk ketika sedang berada di rumah. Namun berolahraga di rumah memiliki cukup banyak resiko dan godaan, apalagi melawan rasa malas saat sudah berada di kasur kesayangan.

Olahraga di rumah memang bisa dilakukan salah satunya melalui aktivitas fisik seperti bersih-bersih, menyapu, mencuci, namun tidak sepenuhnya berimbas pada kesehatan dan pembentukan fisik.

Berikut ini terdapat enam tips untuk sukses melakukan program olahraga di rumah, dan menjadikan aktivitas tersebut tidak hanya sebagai wacana, melainkan menjadi aktivitas rutin yang menyenangkan.

1. Bangun Motivasi

Sebelum memulai olahraga, seseorang perlu mengetahui motivasinya agar dapat disesuaikan dengan jenis olahraga yang mampu memenuhi target dan kebutuhan. Selain itu, motivasi dapat berguna untuk menghindari sisi malas seseorang.

Ketika seseorang termotivasi untuk mendapatkan tubuh ideal, maka ia akan melakukan sejumlah aktivitas fisik di rumah yang mendukung untuk mendapatkan bentuk tubuh tersebut, seperti misalnya rajin push up dan sit up, dan sebagainya.

2. Tentukan Waktu dan Frekuensi Olahraga

Seseorang harus membuat jadwal dan memberi waktu khusus untuk berlahraga secara rutin, meski tidak harus dilakukan setiap hari. Idealnya, olahraga rumahan bisa dilakukan 2-3 hari dalam seminggu, meski lebih disarankan untuk berolahraga sesuai kebutuhan dan target.

Sementara itu frekuensi yan disarankan tentu tak lepas dari kemampuan seseorang tersebut, namun yang lebih ditekankan adalah komitmen untuk rutin melakukannya. Sebagai awalan, rentang waktu 30 menit dirasa cukup ideal untuk melakukan olahraga rumahan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%