4 Cabang Olahraga yang Bisa Menggunakan Bola Kaki

Sabtu, 19 Oktober 2019 14:11 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Alicdn
Salah satu olahraga yang menggunakan bola sepak, bernama football billiard. Copyright: © Alicdn
Salah satu olahraga yang menggunakan bola sepak, bernama football billiard.

INDOSPORT.COM - Sepak bola, futsal, basket, tenis, golf, voli, dan masih banyak lagi merupakan beberapa contoh cabang olahraga (cabor) yang menggunakan bola sebagai alat utama untuk berolahraga.

Meski demikian, tak dapat dipungkiri jika sudah beberapa tahun belakangan ini olahraga sepakbola lebih banyak yang menyukainya.

Sebut saja nama-nama bintang sepak bola ternama seperti, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Neymar Jr, Eden Hazard, David De Gea, dan masih banyak lagi merupakan sejumlah nama yang tiap tahunnya pasti selalu hadir menghiasi pemberitaan dunia olahraga.

Wajar jika dunia sepak bola lebih ramai dibicarakan dibandingkan dengan cabang olahraga lain di planet bumi ini. Sebab, olahraga yang dikenalkan oleh negara Inggris tersebut saat ini di setiap masing-masing negara memiliki promosi atau iklan yang sangat banyak.

Bahkan, tidak hanya menyuguhkan pertandingan saja, berbagai macam produk iklan pun saat ini sudah memakai beberapa tokoh bintang sepak bola. Seiring dengan berjalannya waktu, olahraga sepak bola ini rupanya bisa dikembangkan dengan cara yang terbilang unik.

Melalui sepakbola, siapapun kini bisa memainkannya tapi dengan cara yang berbeda, yaitu dimainkan dengan menggunakan teknik bermain dari cabang olahraga lain. Tidak percaya? Simak ulasannya berikut ini:

Football Golf

© WalesOnline
Salah satu olahraga yang menggunakan bola sepak, bernama football golf Copyright: WalesOnlineSalah satu olahraga yang menggunakan bola sepak, bernama football golf

Olahraga golf biasanya dikenal dengan menggunakan sebuah bola kecil yang harus dimasukkan ke dalam lubang dengan memakai tongkat khusus.

Olahraga ini juga bisa digunakan dengan bola kaki yang berukuran besar dan lubang yang disediakan juga pastinya harus sesuai dengan ukuran bola.

Sama seperti bermain golf pada umumnya, kita harus memasukkan bola ke dalam lubang yang ada dengan menggunakan kaki, tapi kita harus bisa mengatur tenaga dan akurasi yang tepat agar bola bisa tepat masuk ke dalam lubang yang dituju.

Football Tennis/ Football Badminton

© DailyMail
Bayern Munchen pernah latihan dengan menggunakan metode football tennis Copyright: DailyMailBayern Munchen pernah latihan dengan menggunakan metode football tennis

Pada olahraga ini, kita juga harus bermain dengan teknik bermain tenis. Yaitu kita harus bisa menangkis dan mengembalikan bola ke daerah lawan.

Mungkin gaya bemainnya sama seperti sepak takraw, bedanya jika pada sepak takraw bola tidak boleh menyentuh lantai, maka Football Tennis bola harus dibiarkan memantul sekali baru bisa kita kembalikan ke pihak lawan.

Terkecuali jika Anda dan pihak lawan sepakat untuk tidak membiarkan bola menyentuh lantai, maka teknik bermainnya bisa seperti bermain bulutangkis.

Football Billiard

© Alicdn
Salah satu olahraga yang menggunakan bola sepak, bernama football billiard. Copyright: AlicdnSalah satu olahraga yang menggunakan bola sepak, bernama football billiard.

Untuk yang satu ini mungkin sudah cukup banyak dibicarakan, yaitu bermain billiard dengan menggunkana bola kaki. Cara bermainnya jelas sama seperti bermain billiard, hanya saja tekniknya serupa dengan bermain Football Golf.

Jika Football Golf hanya bola yang dimasukkan jaraknya cukup jauh atau berjauhan, maka Football Billiard bola yang dimasukkan jaraknya dekat dan ada enam lubang yang bisa kita targetkan.

Football Table Tennis

© DreamTeamFC
Empat pemain Timnas Brasil pernah refreshing sejenak dari latihan dengan bermain Football Table Tennis Copyright: DreamTeamFCEmpat pemain Timnas Brasil pernah refreshing sejenak dari latihan dengan bermain Football Table Tennis

Sesuai dengan namanya, maka gaya bermainnya pun sama seperti tenis meja. Jika pada cabang olahraga lain yang menggunakan bola sepak dan kita memainkannya dengan kaki, maka Football Table Tennis tidak sama.

Media yang digunakan masih menggunakan bola kaki, tapi untuk cara memainkannya kita menggunakan kepala dan membiarkan bola memantul dulu di meja baru bisa kita berikan serangan kepada tim lawan.

Sebagai contoh, empat pemain Timnas Brasil pun, yakni Dani Alves, Gabriel Jesus, Neymar Jr, dan Philippe Coutinho juga pernah memainkannya saat sedang jeda latihan pada beberapa bulan yang lalu.

1