Begini Perkembangan Venue PON XX di Papua

Jumat, 25 Oktober 2019 19:35 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Lanjar Wiratri
© Sudjarwo/INDOSPORT
Venue Utama PON XX Papua, Stadion Papua Bangkit yang sudah selesai 100 persen. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Venue Utama PON XX Papua, Stadion Papua Bangkit yang sudah selesai 100 persen.

INDOSPORT.COM - Pemerintah Provinsi Papua terus menggenjot pembangunan venue jelang perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang. Total ada 30 venue yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Papua untuk menggelar event olahraga terbesar di Indonesia itu.

Diungkapkan Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Alexander Kapisa, dari 30 venue tersebut, 9 venue diantaranya sudah selesai 100 persen. 

Diantara 9 venue tersebut, dua diantaranya adalah Stadion Papua Bangkit yang tinggal menunggu peresmian dan juga Mimika Sport Complex yang terletak di Kabupaten Mimika.

"Untuk status pembangunannya, sudah 9 venue yang terbangun 100 persen, sementara yang masih dalam proses pembangunan fisik ada 11 venue dan ada sejumlah venue yang sedang direhab, serta 10 venue yang menggunakan APBD kabupaten kota," ujar Alex kepada wartawan di Jayapura, Jumat (25/10/19).

Sementara, pihaknya sendiri mendapatkan tanggung jawab untuk menyiapkan 10 venue pada perhelatan PON XX.

"Sisi persiapan yang menjadi driving force atau tugas Disorda bagaimana kita diberikan tanggung jawab umum menyiapkan venue. Disorda sendiri menyiapkan 10 Venue yang menjadi tanggung jawab kami secara fisik," pungkasnya.

PON XX Papua tahun 2020 mendatang telah resmi hanya akan mempertandingkan sebanyak 37 cabang olahraga. Keputusan tersebut berdasarkan hasil rapat terbatas bersama Presiden RI dan juga Kementerian Pemuda dan Olahraga di Jakarta berapa waktu lalu.

Jumlah cabang olahraga tersebut terjadi pengurangan 10 cabang olahraga dari semula yang direncanakan sebanyak 47 cabang olahraga.