Resmi, Ini Daftar 37 Cabang Olahraga di PON XX Papua

Jumat, 11 Oktober 2019 20:46 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Sudjarwo/INDOSPORT
Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman saat menandatangani berita acara penyerahan SK penetapan cabor PON XX Papua. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman saat menandatangani berita acara penyerahan SK penetapan cabor PON XX Papua. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Sebanyak 37 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan pada perhelatan PON XX Papua tahun 2020 mendatang secara resmi telah ditetapkan dengan ditandai oleh penyerahan Surat Keputusan (SK) penetapan cabor di Gedung Negara, Jayapura, Jumat (11/10/19).

Berdasarkan SK tersebut, 37 cabor yang telah ditetapkan adalah Aerosport, Akuatik, Atletik, Anggar, Angkat Berat, Baseball, Biliard, Bermotor, Bola Basket, Bola Tangan, Bola Voli, Bulutangkis, Catur, Kriket, Dayung.

Ada pula Gulat, Hoki, Judo, Karate, Kempo, Layar, Menembak, Muaythai, Panahan, Panjat Tebing, Pencak Silat, Rugby 7s, Selam, Senam, Sepak Bola, Sepak Takraw, Sepatu Roda, Taekwondo, Tarung Derajat, Tenis, Tinju, dan Wushu.

"Hari ini telah difinalisasi bahwa cabor yang akan dipertandingkan pada PON XX tahun 2020 sebanyak 37 cabor," ujar Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Papua yang juga selaku Gubernur Papua, Lukas Enembe menyampaikan 37 cabor tersebut sudah diputuskan sejak rapat terbatas bersama Presiden RI, Joko Widodo di Jakarta, berapa waktu lalu.

Ia mengatakan jika pihaknya bersama KONI Pusat dan Kementerian Pemuda dan Olahraga sudah menyepakati adanya pengurangan cabor dari 47 menjadi 37 cabor.

"Berdasarkan hasil rapat terbatas kita sudah sepakat untuk mengurangi jumlah cabor PON yang waktu itu kita tetapkan 47 menjadi 37 cabor. Tapi pada prinsipnya kita siap jadi tuan rumah dan semua pekerjaan venue akan selesai hingga September tahun depan," pungkasnya.