Inilah Target Medali yang Harus Dicapai Indonesia di SEA Games 2019

Kamis, 14 November 2019 20:15 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Indra Citra Sena
© Wikipedia
Logo Sea Games 2019 Copyright: © Wikipedia
Logo Sea Games 2019

INDOSPORT.COM - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) baru saja mengumumkan target perolehan medali yang harus dicapai oleh Indonesia di SEA Games 2019.

Menpora Zainudin Amali menjelaskan kalau target medali di SEA Game 2019 di Filipina tidaklah berat. Dia merevisi target sebelumnya, yaitu dari 50 medali emas menjadi 45 medali emas.

Zainudin Amali segaja menurunkan target karena sadar Indonesia bukanlah tuan rumah dikejuaraan olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut.

"Perkiraan yang sudah dilaporkan sebelumnya sekitar 50 emas, tapi kami diskon. Kami tidak tahu karena bukan bermain di Indonesia atau Jakarta. Hal-hal non teknis yang tidak bisa kami duga atau perkirakan sebelumnya bisa muncul di lapangan," kata Zainudin Amali dilansir dari Antara.

"Setelah saya pastikan kira-kira sekitar 45 medali emas. Jumlah itu lebih besar dibanding perolehan kita di SEA Games 2017 lalu itu sekitar 38 medali emas," ucapnya menambahkan.

Dalam ajang SEA Games 2019 Filipina, Indonesia mengirimkan total 837 atlet dari berbagai macam cabang olahraga, dengan komposisi 60 persen atlet muda dan 40 persen atlet senior untuk mengikuti 51 dari 56 cabang olahraga.

Untuk target juara umum SEA Games 2019, Zainudin Amali hanya bisa berdoa karena para atlet sudah dipersiapkan dengan baik.

"Apakah bisa juara umum ? Ya saya tidak bisa janjikan itu. Tapi atlet-atlet sudah dipersiapkan dengan baik, mudah-mudahan ada harapan," tutur Zainudin.

Sekadar mengingatkan, SEA Games 2019 di Filipina nantinya akan melangsungkan upacara pembukaan pada 30 November dan ditutup pada 11 Desember mendatang.