Profil Negara SEA Games 2019: Laos

Sabtu, 23 November 2019 17:35 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Profil negara peserta SEA Games 2019, Laos. Copyright: © INDOSPORT
Profil negara peserta SEA Games 2019, Laos.

INDOSPORT.COM - Berikut profil salah satu negara peserta SEA Games 2019, Laos, si kuda hitam yang jago pencak silat dan siap beri kejutan untuk kontingen Merah-Putih.

Pesta olahraga antarnegara Asia Tenggara atau SEA Games ke-30 tersebut, berlangsung pada 30 November hingga 11 Desember 2019 mendatang.

Sebanyak 11 negara dipastikan bakal turut serta dan mengikuti ajang dua tahunan ini. Termasuk Laos, negara dengan jumlah penduduk sekitar tujuh juta jiwa tersebut juga mengirimkan sejumlah atlet terbaik mereka di SEA Games 2019 ini.

Tercatat Laos mengirimkan sekitar 419 atlet beserta tim pelatih dan ofisial yang bakal tersebar di berbagai cabang olahraga. Angka tersebut hampir lima kali lipat dari jumlah kontingen di SEA Games 2017.

Dengan jumlah kontingen yang mengalami peningkatan, peluang Laos untuk bisa meraih medali juara pun cukup besar terutama dalam kategori cabor-cabor andalan mereka.

Sejak pertama kali tampil di SEA Games 1959 silam, Laos tercatat telah mengoleksi 447 medali dengan rincian 68 emas, 88 perak, dan sisanya sebanyak 291 merupakan medali perunggu.

Jumlah medali yang didapatkan tersebut, membuat Negeri Seribu Gajah ini menduduki peringkat kedelapan sebagai negara peraih medali terbanyak. Laos mengungguli Kamboja, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

Cabang Olahraga Unggulan: Pencak Silat

Laos cukup menjanjikan di kejuaraan pencak silat dan sepak takraw dalam beberapa tahun terakhir, bahkan di Asian Games 2018 lalu kontingen Laos berhasil membawa pulang medali perak dan perunggu.

Raihan impresif sepak takraw Laos terjadi di Asian Games 2018. Tim putra mereka yang turun di nomor ganda sukses mengalahkan sepak takraw Indonesia di semifinal dengan skor telak 2-0.

Menariknya dua cabang olahraga tersebut kembali dipertandingkan di SEA Games 2019 kali ini, dan Laos dengan bekal positif di Asian Games lalu kemungkinan dapat memberi kejutan bagi negara peserta lain.

Atlet Unggulan: Nong Oy Vongphakdy (pencak silat)

Tak banyak memang atlet Laos yang berhasil naik podium juara, namun nama Nong Oy Vongphakdy bisa jadi pengecualian dan layak diwaspadai para kontingen negara lain.

Pasalnya, atlet cabor pencak silat ini mampu menggondol medali perak di nomor Women's tanding 60 kg. Di final, Nong Oy Vongphakdy kalah telak dari pencak silat Indonesia, Sarah Tria Monita, dengan angka mutlak 0-5.