Profil Negara SEA Games 2019: Thailand

Rabu, 27 November 2019 07:00 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Thailand menjadi salah satu negara favorit pesaing Indonesia untuk menjadi juara umum SEA Games 2019, di mana untuk cabor sepak bola sudah dimulai. Copyright: © INDOSPORT
Thailand menjadi salah satu negara favorit pesaing Indonesia untuk menjadi juara umum SEA Games 2019, di mana untuk cabor sepak bola sudah dimulai.

INDOSPORT.COM - Thailand menjadi salah satu negara favorit pesaing Indonesia untuk menjadi juara umum SEA Games 2019, di mana untuk cabor sepak bola sudah dimulai.

SEA Games merupakan pesta olahraga terakbar se Asia Tenggara di mana sebanyak 11 negara akan berpartisipasi dalam acara dua tahunan itu. Thailand masuk dalam ajang SEA Games 2019 di Filipina tersebut.

Thailand sendiri memang menjadi salah satu negara unggulan di SEA Games 2019 dan akan menjadi batu sandungan untuk Indonesia. Kita bisa lihat dari tabel perolehan medali SEA Games sejak pertama kali dihelat.

Sejak SEA Games pertama kali dihelat pada tahun 1959 silam, Thailand kini sudah mengantongi total 2162 emas, 1827 perak dan 1821 perunggu. Keseluruhan mereka telah meraup 5810 medali.

Apalagi dari 5 edisi terakhir SEA Games, Thailand menjadi juara umum sebanyak 3 kali pada tahun 2009, 2013 dan 2015. Untuk edisi terakhir, yaitu SEA Games 2017 di Malaysia kemarin, Thailand juga tak buruk dengan status runner-up untuk perolehan medali.

Melihat dari tabel perolehan medali yang sudah dicapai oleh Thailand sepanjang pagelaran SEA Games, jelas sekali bahwa mereka adalah pesaing berat Indonesia, baik itu untuk cabang olahraga sepak bola atau yang lain.

Melihat performa Thailand sepanjang sejarah SEA Games, tentulah sangat menarik untuk para pembaca setia INDOSPORT mengetahui profil Thailand dari sejarah, prestasi, cabang olahraga terbaik hingga atlet unggulan mereka.

Sejarah dan Prestasi Thailand di SEA Games

Thailand ternyata merupakan salah satu negara yang sudah ikut serta SEA Games sejak pertama kali dihelat di tahun 1959 silam. Bahkan saat itu, mereka menjadi tuan rumah sekaligus menjadi juara umum. 

Saat itu, hanya ada 6 negara yang mengikuti SEA Games 1959 antara lain adalah Thailand, Burma, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Laos. Thailand menjadi juara umum dengan perolehan 35 medali emas, 26 perak dan 16 perunggu.

Menjadi tuan rumah SEA Games juga bukan hal yang asing bagi Thailand. Tercatat sejak sukses menggelar SEA Games pertama kali di tahun 1959, Thailand sudah menjadi tuan rumah sebanyak 6 kali.

Sejak edisi pertama di tahun 1959 silam, Thailand juga punya prestasi yang patut dibanggakan di SEA Games. Mereka sebanyak 13 kali menjadi juara umum, sementara Indonesia menempel ketat dengan 10 kali medali terbanyak.

Cabang Olahraga Unggulan: Sepak Bola

Pada sebuah kompetisi akbar yang mempertandingkan berbagai cabang olahraga, mulai dari Asian Games, Olimpiade hingga SEA Games, cabang olahraga sepak bola memang paling menjadi sorotan.

Di cabang olahraga yang menjadi sorotan banyak orang inilah, Thailand sangat unggul sepanjang sejarah SEA Games dihelat. Bayangkan saja, dari kiprah mereka sebanyak 25 kali untuk cabor sepak bola pria.

Dari 25 kali ikut cabor sepak bola pria, Thailand berhasil merengkuh sebanyak 16 medali emas, 4 perak dan 5 perunggu. Bahkan dari 16 medali emas itu, 3 di antaranya didapat dari tiga edisi terakhir SEA Games.

Untuk sepak bola, Thailand memang patut dibanggakan oleh Asia Tenggara. Mereka bahkan sudah dikenal sebagai negara ASEAN yang cukup rapih dalam penyelenggaraan liga sepak bola profesional dalam beberapa tahun terakhir.

Meski begitu, kita patut berbangga di mana Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan 2-0 atas Thailand di laga Grup B SEA Games 2019 cabor sepak bola pria pada Selasa (26/11/19) kemarin sore.

Atlet Unggulan Thailand: Nont Muangngam

© Football Tribe Asia
Nont Muangngam, kiper Timnas Thailand U-23. Copyright: Football Tribe AsiaUntuk atlet unggulan dari sepak bola Thailand, kami memilih Nont Muangngam, salah satu penjaga gawang sekaligus senior di Timnas Thailand U-23 untuk SEA Games 2019 ini.

Untuk atlet unggulan dari sepak bola Thailand, kami memilih Nont Muangngam, salah satu penjaga gawang sekaligus senior di Timnas Thailand U-23 untuk SEA Games 2019 ini.

Penjaga gawang dengan tinggi badan 181 cm ini merupakan kiper utama Thailand U-23 saat meraih medali emas sepak bola di SEA Games 2017 di Malaysia kemarin.

Pada edisi 2019 ini, dia kembali dipercaya oleh pelatih Thailand U-23, Akira Nishino untuk menjaga gawang negaranya. Perlu kita ketahui, pria yang akrab disapa Nont ini pernah menjalani karier cukup lama di Prancis.

Tak tanggung-tanggung, dia masuk akademik klub Liga Prancis, AS Nancy sejak usianya masih 10 tahun pada tahun 2007 silam sampai 2016 lalu. Setelah itu, dia pulang ke Thailand dan bergabung bersama klub kasta Liga 1 Thailand, Chiangrai United.

Kembali dipercaya menjadi kiper Thailand U-23, Nont pun punya ambisi untuk mempertahankan medali emas SEA Games di edisi 2019 ini.

"Kondisi fisik skuat kami sangat bagus dan saya berharap bisa mendapat hasil positif di babak grup. Kami harus bisa mempertahankan medali emas," ucap Nont dilansir dari laman PSSI Thailand (FAT).

Dengan Nont Muangngam kembali dipanggil untuk menjadi kiper utama Thailand U-23 dan pengalamannya meraih medali emas SEA Games, skuat Akira Nishino tentu menjadi favorit untuk juara di cabor sepak bola SEA Games 2019.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%