Banyak Kritikan Tajam, Media Ternama Inggris Soroti Persiapan SEA Games 2019

Kamis, 28 November 2019 13:24 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Lanjar Wiratri
© Philippine Star
Persiapan ajang SEA Games 2019 yang amburadul menjadi sorotan media ternama Inggris, BBC. Copyright: © Philippine Star
Persiapan ajang SEA Games 2019 yang amburadul menjadi sorotan media ternama Inggris, BBC.

INDOSPORT.COM - Persiapan ajang SEA Games 2019 yang amburadul menjadi sorotan media ternama Inggris, BBC. SEA Games 2019 yang diselenggarakan di Filipina mendapat kritikan pedas dari publik dunia. Hal itu dikarenakan persiapan yang kurang matang. 

© BBC
SEA Games 2019 di Filipina yang berantakan jadi sorotan media Inggris, BBC. Copyright: BBCSEA Games 2019 di Filipina yang amburadul jadi sorotan media Inggris, BBC.

Diawali dengan pemberitaan tentang sejumlah atlet sepak bola yang terlantar di kursi dan lantai hotel lantaran tak segera mendapat kamar. 

Kemudian, ruang media Stadion Rizal Memoria yang digunakan untuk turnamen sepak bola juga tak layaklayak digunakan. 

Terlihat, bangunan yang masih belum jadi, di mana bagian temboknya tidak bercat. Selain itu, tempat duduk para jurnalis yang disediakan berupaka kursi plastik yang biasanya dipakai untuk rapat RT.

Kemudian, menu makanan bagi para atlet terkesan sederhana dan kurang mencukupi dari segi kandungan gizi. Menurut pantauan BBC, toilet di area Stadion Rizal Memorial pun belum sepenuhnya jadi.

Menanggapi hal ini, Presiden Filipina Rodrigo Duterte meminta dilakukan penyelidikan terhadap kasus korupsi yang diduga menjadi penyebab kekacauan tersebut.

"Presiden akan meminta penyelidikan dugaan korupsi. Itulah yang paling dia benci," kata Juru Bicara Kepresidenan Filipina, Salvador Panelo.

"Presiden tidak senang dengan apa yang dia dengar tentang kekacauan di Sea Games 2019. Keluhan tentang keterlambatan, transportasi, check-in, makanan. Serta dugaan korupsi, termasuk bentuk inkompeten, dia ingin menyelidikinya," tambahnya.

Duterte dan jajarannya dikabarkan akan melakukan penyelidikan dugaan korupsi kepada semua penyelenggara, termasuk Ketua DPR yang juga Ketua Panitia Penyelenggara SEA Games Filipina, Alan Cayetano.