Kemenpora Klarifikasi Pencoretan Atlet SEA Games karena Tak Perawan

Jumat, 29 November 2019 18:01 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sesmenpora, Gatot S Dewabroto, memberikan klarifikasi terkait permasalahan pemulangan paksa atlet senam di SEA Games terkait masalah keperawanan. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sesmenpora, Gatot S Dewabroto, memberikan klarifikasi terkait permasalahan pemulangan paksa atlet senam di SEA Games terkait masalah keperawanan.

INDOSPORT.COM - Salah satu atlet Indonesia sempat dikabarkan telah dipulangkan secara paksa karena dianggap tak perawan. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pun memberikan klarifikasi.

Merujuk pada permasalahan ini Zainudin Amali selaku Menpora dikabarkan tengah berangkat ke Manila, Filipina untuk memberikan solusi terkait permasalahan ini sekaligus mengikuti upacara pembukaan di SEA Games nanti.

Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewabroto, pun menyanggah jika pemulangan pesenam asal Kediri, Shilfa Avrila Siani, dikarenakan tak perawan. Pasalnya dalam kasus ini proses pemulangan atlet tidak berhubungan dengan sesuatu secara privat.

"Berdasarkan pemberitaan yang sempat viral di pemberitaan online terkait Shilfa yang dicoret karena suatu hal. Kami langsung mendapat konfirmasi dengan ibu Ita, jika tidak betul jika ada pemulangan paksa," ujar Gatot dalam konferensi pers di Kemenpora hari ini.

"Alasanya pemulangan ini bukanlah karena sesuatu yang terbilang privat. Karena pada olahraga senam tidak ada standar terkait hal seperti itu. Semua cabang olahraga juga memiliki penilaian tidak menggunakan standar keperawanan sebagai tolak ukur," tutupnya.

Gatot menginformasikan jika permasalahan ini sudah menjadi heboh karena pencoretan ini terjadi di saat-saat yang terbilang dekat dengan kompetisi SEA Games. Alhasil dirinya melakukan klarifikasi secepat mungkin untuk mengatasi permasalahan ini.

Sebelumnya sempat beredar kabar jika salah satu atlet senam lantai Indonesia Shilfa dipulangkan secara paksa dari SEA Games karena suatu hal yang bersifat intim. Alasan dipulangkannya Shifa itu terbilang aneh karena dirinya dituduh sudah tidak perawan.