Keren! Filipina Miliki Stadion Atletik Nan Megah di New Clark City

Sabtu, 30 November 2019 11:15 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Stadion Atletik nan megah di New Clark City, Filipina. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Stadion Atletik nan megah di New Clark City, Filipina.

INDOSPORT.COM - Gelaran SEA Games 2019 Filipina akan dibuka hari ini, Sabtu (30/11/19). Opening ceremony akan berlangsung di Filipina Arena sekaligus sebagai penanda resmi dimulainya multievent olahraga terbesar se Asia Tenggara.

Meski demikian, masih ada beberapa hal yang masih dalam proses penyelesaian renovasi di beberapa titik. Diharapkan proses perbaikan dan pembangunan sudah selesai hari ini.

Namun di balik itu, ada satu venue yang dibangun cukup megah oleh Filipina yang terletak di New Clark City (NCC). Adalah Stadion Atletik di komplek olahraga kawasan itu yang menjadi daya tarik tersendiri.

Stadion itu terletak di sisi paling belakang komplek olahraga di NCC atau tepatnya di depan wisma atlet SEA Games. Dari pantauan INDOSPORT, kesan mewah sudah terlihat sejak masih berada di depan stadion.

Stadion Atletik NCC sendiri dibangun pada tahun 2018 lalu. Kawasan iitu menjadi venue untuk cabang olahraga akuatik, atletik hingga nantinya sebagai lokasi upacara penutupan SEA Games.

Dari dalam, stadion berkapasitas 20 ribu penonton itu seluruhnya menggunakan fasilitas single seat. Stadion Atletik NCC memiliki lintasan oval hingga jaring untuk cabor lempar lembing, cakram, maupun tolak peluru berkualitas Olimpiade.

Tak heran jika Stadion Atletik di NCC telah menerima sertifikasi Kelas 1 dari badan atletik internasional yakni World Athletics. Artinya, venue tersebut bisa menggelar event yang lebih besar lagi termasuk Olimpiade.

Megahnya stadion itu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat maupun para atlet. Kaldron SEA Games yang terletak di depan stadion menjadi titik pusat untuk berswafoto.

Hanya saja, untuk menuju New Clark City jaraknya cukup jauh dari Kota Manila yakni berkisar 90 kilometer. Butuh waktu sekitar empat sampai lima jam untuk menuju lokasi mengingat macet parah yang menjadi momok masyarakat di Filipina.