Pembukaan SEA Games 2019: Kontingen Indonesia Tampil Paling Mencolok

Sabtu, 30 November 2019 21:43 WIB
Editor: Coro Mountana
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Opening ceremony SEA Games 2019 di Philippine Stadium, Sabtu (30/11/19). Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Opening ceremony SEA Games 2019 di Philippine Stadium, Sabtu (30/11/19). Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Kontingen Indonesia terlihat paling mencolok dalam upacara pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, Bulacan, Filipina, Sabtu (30/11/19) malam.

Setelah upacara SEA Games 2019 dibuka dengan pidato presiden Filipina, Rodrigo Duterte dan penyanyi Lani Misalucha membawakan lagu kebangsaan, ribuan atlet dan ofisial pun memasuki stadion berkapasitas 55.000 tempat duduk itu.

Kontingen Indonesia sendiri menjadi Negara ketiga yang memasuki stadion setelah Kamboja dan yang pertama, Brunei Darussalam. Para atlet dan ofisial Indonesia disambut dengan teriakan bergemuruh dari penonton yang memadati stadion tersebut.

Seperti yang dinukil dari Antara, kontingen Indonesia dipimpin oleh atlet polo air putra, Ridjkie Mulia yang pada Jumat (29/11/19) kemarin membantu timnya merebut medali emas untuk pertama kalinya di SEA Games 2019.

Kontingen Indonesia sendiri tampil begitu mencolok  dengan beberapa dari anggota rombongan menggunakan pakaian adat khas Nusantara. Mereka melambai-lambaikan tangan kepada penonton sembari mengibarkan bendera Merah Putih dan pernak-pernik khas Indonesia.

Mencoloknya kontingen Indonesia tidak diikuti oleh Negara lain di mana banyak yang hanya mengenakan seragam resmi. Bahkan kontingen tuan rumah Filipina hanya mengenakan setelan wajib saja.

Di ajang SEA Games 2019 kali ini, Indonesia menurunkan 841 atlet yang didukung oleh ratusan personel lain seperti pelatih, ofisial, dan tim medis. Total jumlah anggota kontingen Indonesia mencapai 1.303 orang.

Total 841 atlet akan mengikuti 56 cabang olahraga dengan presiden Joko Widodo telah menargetkan Indonesia menduduki peringkat kedua dalam klasemen akhir perolehan medali SEA Games 2019.