Pembukaan SEA Games 2019: Pidato Duterte dan Penyanyi Absen

Sabtu, 30 November 2019 21:24 WIB
Editor: Coro Mountana
© Ronaldo Seger Prabowo/INDOSPORT
Opening ceremony SEA Games 2019 di Philippine Stadium, Sabtu (30/11/19). Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT Copyright: © Ronaldo Seger Prabowo/INDOSPORT
Opening ceremony SEA Games 2019 di Philippine Stadium, Sabtu (30/11/19). Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – SEA Games 2019 akhirnya telah resmi dibuka di Philippine Arena, Bulacan, Filipina, Sabtu (30/11/19) malam.

Pesta olahraga terakbar di Asia Tenggara, SEA Games 2019 secara resmi dibuka oleh presiden Filipina, Rodrigo Duterte. SEA Games 2019 pun diharapkan dapat menjadi pesta olahraga Asia Tenggara terbesar sepanjang sejarah.

Pasalnya ada 530 cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games 2019 kali ini. Meski sempat didera isu tak sedap soal kurangnya persiapan seperti makanan tak layak, tetapi Duterte tetap berharap SEA Games 2019 dapat menjadi yang terbaik.

“Saya nyatakan dibuka SEA Games ke-30, merayakan pesta olahraga Asia Tenggara. Mabuhay kayong lahat,” kata Duterte, seperti yang dilansir dari Antara.

Berikutnya, penyanyi terkenal, Lani Misalucha pun langsung mengawali upacara pembukaan SEA Games dengan menyanyikan lagu kebangsaan Filipina yang diikuti dengan penampilan tari daerah. Ada hal yang menarik dari kehadiran Lani Misalucha.

Lea Salonga Absen

© Today Tix
Penyanyi kenamaan asal Filipina, Lea Salonga. Copyright: Today TixPenyanyi kenamaan asal Filipina, Lea Salonga.

Soalnya yang menjadi pembuka di acara pembukaan SEA Games 2019 seharusnya adalah Lea Salonga. Akan tetapi karena Lea Salonga sudah memiliki agenda sendiri membuat Lani Misalucha menggantikannya untuk membawakan lagu We Win As One.

Tak hanya penyanyi, ada juga petinju tersukses Filipina yang ikut memeriahkan pembukaan SEA Games 2019 yaitu Manny Pacquiao bersama Nesty Petecio memegang obor bersama. Hal menarik lain dari pembukaan SEA Games 2019 adalah adanya tiket gratis.

Tiket Gratis

Menjelang beberapa jam sebelum upacara pembukaan SEA Games 2019 dimulai, tiba-tiba tiket untuk tribune paling atas digratiskan. Sontak berdasarkan pantauan awak redaksi berita olahraga, INDOSPORT, terlihat ribuan masyarakat langsung memadati venue.

“Memang akhirnya ada keputusan tribune paling atas digratiskan. Masyarakat yang sudah terlanjur membeli tiket tribune itu dipindahkan ke tribune bawah,” kata salah satu panitia lokal, Chomai Lai kepada awak INDOSPORT.

Sekadar informasi, Philippine Arena di SEA Games 2019 merupakan arena indoor terbesar di Asia bahkan dunia dengan kapasitas lebih dari 50 ribu orang.