Tersisa 8 Bulan, Ini Strategi PB PON Papua untuk Kebut Persiapan PON XX

Selasa, 3 Desember 2019 01:48 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Yohanes Ishak
© Sudjarwo/INDOSPORT
Wakil Ketua Harian PB PON Papua, Yusuf Yambe Yabdi Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Wakil Ketua Harian PB PON Papua, Yusuf Yambe Yabdi

INDOSPORT.COM - Wakil Ketua Harian Panitia Besar (PB) PON XX yang baru saja bertugas, Yusuf Yambe Yabdi menegaskan jika pihaknya kini telah mematangkan strategi guna mengebut persiapan penyelenggaraan PON XX tahun 2020 mendatang di Papua.

Saat ditemui wartawan olahraga di Jayapura, Senin (2/12/19), Ia menjelaskan jika sejumlah strategi yang tengah disiapkan oleh pihaknya diantaranya konsolidasi dan rekonsolidasi tiga aspek yang telah menjadi kesiapan Provinsi Papua sebagai tuan rumah PON XX.

"Kita akan kembali mereview apa yang sudah disiapkan oleh masing-masing ketua bidang dan masing-masing koordinator di bawah ketua-ketua bidang kemudian kita menyusun rencana yang bisa dikerjakan dalam kurun waktu 8 bulan," ungkapnya.

"Idealnya PB PON ini bekerja 2 tahun, tapi sekarang kita tinggal 1 tahun dan tinggal sekarang bagaimana dalam waktu yang ada ini kita melakukan akselerasi dan koordinasi dengan bidang-bidang yang menyangkut venue, tranportasi, akomodasi dan beberapa bidang lainnya," tambahnya.

Selain itu, ia menjelaskan jika pihaknya bertugas menjadi penerjemah hal-hal teknis sesuai perintah Gubernur Papua untuk menyiapkan kebutuhan PON, perencanaan kebutuhan, penyampaian biaya, hingga berkoordinasi dengan pihak KONI Papua untuk memberikan informasi teknis yang dibutuhkan dan juga menyusun panitia inti pelaksana pertandingan pada PON nanti.

"Ini yang harus kita lakukan rekonsiliasi apakah sejauh ini hal-hal yang harus dilakukan oleh pilar-pilar ini sudah berjalan, nah kami dari PB PON sendiri juga bertugas memastikan tiga rencana penyelenggaraan PON yakni pembukaan, pertandingan dan penutupan. Tiga ini harus bisa dilaksanakan," bebernya.

Pihaknya juga akan melakukan rapat penetapan cabang olahraga di masing-masing cluster pada pertengahan Desember ini untuk memastikan tak adanya perubahan pertandingan cabor di tiap-tiap venue pada PON XX 2020. Dari sini selanjutnya pihaknya akan menggelar rapat penyusunan panitia inti panitia pelaksana pertandingan. 

"Disitu disusun setiap Panpel bidang kesehatan, perwasitan dan pertandingan dengan berkoordinasi bersama Technical Delegation untuk menyusun kebutuhan panitia inti kebutuhan transportasi dan kebutuhan logistik lain. Cara menyiapkan PONnya seperti itu," pungkas Wakil Ketua Harian Panitia Besar (PB) PON XX, Yusuf Yambe Yabdi terkait persiapan penyelenggaraan PON XX tahun 2020 mendatang di Papua.