Skandal Doping, Rusia Tetap Boleh Tampil di Olimpiade 2020 Asal...

Selasa, 10 Desember 2019 16:26 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Lanjar Wiratri
© Japan Times
Skandal Doping, Rusia Tetap Boleh Tampil di Olimpiade 2020 Asal... Copyright: © Japan Times
Skandal Doping, Rusia Tetap Boleh Tampil di Olimpiade 2020 Asal...

INDOSPORT.COM - Setelah kasus doping terkuak, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh negara Rusia jika ingin mengirimkan para atletnya ke Olimpiade Tokyo 2020.

Rusia memang sudah dilarang untuk tidak tampil dalam dua olimpiade mendatang setelah negara tersebut terbukti tidak mendukung adanya pertandingan yang bersih.

Akan tetapi masih ada jalan jika Rusia ingin berpartisipasi di Olimpiade Tokyo 2020. Syaratnya para atlet harus memenuhi semua kriteria yang ditetapkan oleh The World Anti-Doping Agency (WADA), lembaga anti doping Internasional.

Sebelumnya WADA telah melarang Rusia tampil dalam kegiatan olahraga kelas dunia selama empat tahun ke depan. Presiden WADA, Craig Reedie mengatakan pihaknya menemukan fakta bahwa Rusia memberikan bukti palsu soal tes doping atlet. 

Selain itu Moskow juga menghapus file asli terkait tes doping para atletnya. Jika Rusia masih berniat untuk partisipasi si Olimpiade Tokyo 2020, maka mereka harus bisa menunjukkan kepada WADA bahwa para atlet sudah bersih dari doping.

Rusia masih memiliki waktu tujuh bulan sebelum Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung. Kemungkinan besar kontingen Rusia di Olimpiade Tokyo akan mengalami penurunan jumlah yang signifikan dibanding dengan Olimpiade musim panas sebelumnya.

"Mungkin ada aspek-aspek khusus dalam sebuah pertandingan atau cabang olahraga tertentu. Tetapi kriteria apapun harus disetujui oleh WADA," demikian pernyataan dari WADA dilansir dari Reuters.

Keputusan akhir mengenai partisipasi Rusia di Olinpiade Tokyo akan diputuskan oleh the Court of Arbitration for Sport (CAS), Pengadilan Arbitrase Olahraga.