Heroik, Peselancar Filipina Roger Casugay Terima Penghargaan di Penutupan SEA Games 2019

Rabu, 11 Desember 2019 19:39 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© pia.gov.ph
Peselancar Filipina, Roger Casugay terima penghargaan dari presiden di acara penutupan SEA Games 2019, Stadion Atletik, Rabu (11/12/19). Copyright: © pia.gov.ph
Peselancar Filipina, Roger Casugay terima penghargaan dari presiden di acara penutupan SEA Games 2019, Stadion Atletik, Rabu (11/12/19).

INDOSPORT.COM – Peselancar Filipina, Roger Casugay menjadi perbincangan dunia usai melepaskan medali emasnya di SEA Games 2019 demi menolong atlet Indonesia, Arip Nurhidayat yang sempat tergulung ombak besar di pantai Monaliza, Jumat (06/12/19) lalu.

Casugay saat itu memiliki kans besar untuk melaju ke final SEA Games 2019 di cabang olahraga selancar nomor longboard putra. Namun, ia memilih untuk meninggalkan peluang emas tersebut demi menyelamatkan peserta lainnya yang tergulung ombak.

Berkat aksi heroik tersebut, Roger Casugay dianugerahi penghargaan atlet fair play atau paling sportif pada SEA Games 2019. Pengumuman itu disampaikan dalam acara penutupan pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut di Stadion Atletik, Rabu (11/12/19).

Bahkan, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) secara khusus mengucapkan terima kasih untuk Roger Casugay. Menyusul, Presiden National Olympic Committee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari juga menyampaikan apresiasi ketika ia berada di Manila.

“Menang atau kalah memang penting, tapi persaudaraan dan kemanusiaan jauh lebih penting dari itu semua,” ungkap Raja Sapta seperti dilansir dari laman kantor berita Antara.

Roger Casugay kemudian menerima undangan langsung dari Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, dan mendapat penghargaan berupa Ordo Lapu-Lapu. Peselancar kelahiran tahun 1994 itu juga menerima uang sejumlah 300 ribu Peso atau setara dengan Rp82 juta.