3 Kisah Haru Peraih Medali Emas Indonesia di SEA Games 2019

Kamis, 12 Desember 2019 11:26 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Ronald Seger Prabowo/INDOSORT
Aksi pewushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo di SEA Games 2019. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSORT
Aksi pewushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo di SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM - Indonesia mengumpulkan 72 medali emas di SEA Games 2019. Berikut 3 kisah mengharukan dari atlet yang meraih medali emas di SEA Games 2019. 

Pesta olahraga dua tahunan antarnegara Asia Tenggara, SEA Games 2019 telah berakhir pada Rabu (11/12/19). Tuan rumah Filipina menjadi juara umum dengan torehan 149 medali emas, 117 medali perak, 121 medali perunggu. 

Sementara itu, Indonesia hanya menempati peringkat ke-4 klasemen akhir dengan raihan 72 medali emas, 84 medali perak, dan 111 medali perunggu. 

Torehan 72 medali emas tersebut sebenarnya sudah melampaui target yang diberikan oleh Kemenpora, yaitu 45 medali emas. Tetapi, jumlah tersebut belum bisa membuat Indonesia menjadi runner up SEA Games 2019. 

Dari 72 medali emas tersebut, ada 3 medali emas yang memiliki kisah haru yang tersimpan didalamnya. 

Berikut 3 kisah haru peraih medali emas Indonesia di SEA Games 2019. 

1. Edgar Xavier Marvelo 

Edgar Xavier Marvelo berhasil menyumbangkan medali emas bagi kontingen Indonesia di SEA Games 2019 dari cabor Wushu. Medali emas di SEA Games 2019 menjadi pelengkap prestasi Edgar yang meraih medali perak pada Asian Games 2018 lalu. 

Namun, perjuangan Edgar di SEA Games 2019 sempat diselubungi kabar duka. Sebelum bertanding, Edgar mendapat kabar bahwa ayahnya berpulang ke pangkuan Yang Maha Kuasa. 

2. Muhammad Taufik 

Sambutan bagi atlet-atlet yang meraih prestasi di ajang olahraga tahunan biasanya dilakukan dengan cukup meriah. Contohnya saat Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Sri Wahyuni Agustiani, dan Eko Yuli Irawan ketika pulang dari Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. 

Namun, Muhammad Taufik yang merupakan peraih medali emas dari cabor pentathlon, tak mendapat sambutan serupa. Muhammad Taufik pulang dari Kota Bandung menuju Tasikmalaya dengan menaiki angkutan umum. 

Setelah cerita tersebut viral, barulah ada klarifikasi dari Gubernur Jawa Barat yang menyebutkan bahwa Muhammad Taufik memilih untuk pulang sendiri tidak bersama rombongan atlet lain asal Jawa Barat. 

3. Emma Ramadinah 

Emma Ramadinah menjadi peraih medali emas ke-40 Indonesia di SEA Games 2019. Emma Ramadinah meraih medali emas dari cabor Sambo. 

Sambo sendiri mulai populer sejak tahun 2016 dan juga dipertandingkan pada Asian Games 2018 lalu. 

Perjuangan Emma Ramadinah tidak hanya berlangsung saat bertanding di SEA Games saja. Perjuangannya dimulai msaat masih merintis karier untuk menjadi atlet Sambo. 

Emma Ramadinah berjualan cilok dan rujak Bangkok sambil menunggu panggilan dari Pelatnas SEA Games 2019. Perjuangan Emma juga masih dilanjutkan usai pulang dari Filipina. 

Emma Ramadinah harus mengeluarkan biaya sendiri asat pulang dari Filipina dengan bantuan karang taruna di kampung halamannya.