Bonus Peraih Medali SEA Games 2019 Alami Kenaikan, Ini Kata Menpora

Jumat, 13 Desember 2019 01:36 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali membeberkan alasan peraih bonus SEA Games 2019 yang mengalami peningkatan. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali membeberkan alasan peraih bonus SEA Games 2019 yang mengalami peningkatan.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali secara resmi menyerahkan bonus ke atlet peraih medali di SEA Games 2019 pada malam ini, Kamis (12/12/19) di Jakarta.

Pemerintah memastikan ada kenaikan signifikan untuk jumlah bonus yang diterima atlet, pelatih dan official.

Menpora mengatakan, kenaikan jumlah bonus tersebut merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo, lantaran sudah empat edisi SEA Games belum ada perubahan. Kenaikan dilaporkan hampir dua kali lipat dari bonus SEA Games edisi sebelumnya.

"Malam ini penyerahan bonus. Targetnya meleset ke atas, melampaui target medali awal dan angka bonus atas arahan bapak Presiden harus ditingkatkan tahun ini," katanya.

"Emas Rp500 juta,  perak Rp300 juta, perunggu Rp150 juta (untuk individu), dan   jumlah nilai apresiasi itu jauh diatas dari yang Kemenpora siapkan," imbuh Menpora Zainudin Amali.

Jumlah total bonus yang akan diberikan untuk para atlet, pelatih dan official Indonesia, dilaporkan mencapai Rp256 milyar.

Pemberian bonus tersebut, merupakan pelaksanaan dari ketentuan Pasal 86 ayat (3) Undang Undang nomor 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional dan pasal 15 ayat (2) peraturan Presiden nomor 44 tahun 2014 tentang pemberian penghargaan olahraga.

Untuk melihat rincian bonus atlet SEA Games 2019, klik di sini.