Resmi! Gara-gara Wabah Corona, ASEAN Para Games Kembali Tertunda

Selasa, 11 Februari 2020 15:32 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Herry Ibrahim
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Presiden NPC Indonesia, Senny Marbun memastikan ASEAN Para Games (APG) 2020 kembali tertunda karena faktor virus Corona. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Presiden NPC Indonesia, Senny Marbun memastikan ASEAN Para Games (APG) 2020 kembali tertunda karena faktor virus Corona.

INDOSPORT.COM - Gelaran ASEAN Para Games (APG) 2020 kembali tertunda. Ajang itu awalnya berlangsung Januari lalu dan diundur bulan depan, namun kembali tak jelas kapan akan digelar.

Kali ini, wabah virus Corona jadi penyebab tertundannya multievent difabel terbesar se-Asia Tenggara. Kepastian itu dijelaskan Presiden National Paralympic Committee (NPC) Indonesia.

"Event APG di Filipina tertunda, karena ada virus Corona. Kasus ini sudah sangat menakutkan, dan Filipina tidak berani mengambil resiko, diundur sampai waktu yang belum ditentukan alias tentatif," kata Senny kepada awak media olahraga termasuk INDOSPORT di Kantor Pusat NPC Indonesia.

"Jadi di Filipina sendiri, venue untuk APG menjadi lokasi isolasi bagi virus Corona. Surat dari NPC ASEAN sudah kami kemarin," tambah dia.

Senny memaparkan, Ketua NPC Filipina menawarkan dua opsi, diundur sampai waktu yang tidak ditentukan. Kedua, game ini harus tetap diselenggarakan di Filipina dengan catatan virus Corona sudah berhenti.

"Namun, kami inginnya Filipina juga harus memberitahu bahwa game harus tetap digelar maksimal September. Indonesia menunggu virus ini mereda dan menunggu undangan 60 hari sebelum event," ujarnya.

"Kita memaklumi apa yang terjadi di Filipina karena ini murni faktor X. Setelah ini kita berikan opsi ke Kemenpora, hasilnya apa kita sampaikan ke atlet," tegas mantan atlet angkat besi tersebut.

NPC Indonesia menargetkan meraih 100 medali emas. Thailand masih menjadi rival berat bersama Malaysia dan Singapura.