Jokowi Minta Jakarta Siap-siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Sabtu, 15 Februari 2020 16:12 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Wikipedia
Presiden Joko Widodo meminta untuk DKI Jakarta bersiap-siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Copyright: © Wikipedia
Presiden Joko Widodo meminta untuk DKI Jakarta bersiap-siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

INDOSPORT.COM – Presiden Joko Widodo meminta untuk DKI Jakarta bersiap-siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Komite Olimpiade Indonesia (KOI) sedang mencoba memperjuangkan hal tersebut dengan Komite Olahraga Internasional (IOC).

Jumat (14/02/20) Ketua KOI Raja Sapta Oktohari berkata: "Saya kapasitas Ketua Olimpiade Indonesia sedang berjuang atas perintah Bapak Presiden, untuk meminta Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032."

“Surat sudah dilayangkan langsung oleh Presiden kepada IOC itu minta Indonesia sebagai tuan rumah. Dan tempatnya dikatakan Pak Presiden, disiapkan di Jakarta," ujar Okto, dilansir dari Antara.

Bagi Okto, Olimpiade Tokyo 2020 menjadi ajang Indonesia untuk menyuarakan kemampuan Indonesia untuk mendapatkan kesempatan jadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Insyaallah keputusan jadi tuan rumah, akan diambil sebelum tahun 2024 sehingga di 2020 ini ada Olimpiade Tokyo, jadi ajang maksimal kita untuk promosi Indonesia yang mampu menjadi tuan rumah terbaik di 2032 di Jakarta," jelas Okto.

Indonesia berani menyuarakan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena sudah berhasil menjadi tuan rumah di ajang Asian Games dan Asian Para Games 2018 yang dilaksanakan di Jakarta dan Palembang.

"Mereka (IOC) hadir saat Asian Games dan Asian Para Games, mereka menjadi saksi. Orang Indonesia khususnya orang Jakarta sangat antusias, dan sudah memiliki fasilitas," ujar Okto.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik rencana yang diajukan oleh Presiden dan KOI ke IOC untuk menjadikan DKI Jakarta sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Pemprov DKI Jakarta siap mendukung rencana tersebut dan akan mempersiapkan agar DKI Jakarta bisa menjadi tuan rumah Olimpiade yang baik.

"Kami Jakarta siap mendukung, apa yang dibutuhkan untuk promosikan kota ini agar bisa menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. 12 tahun sering dianggap panjang, tapi untuk sebuah event seperti ini bukan sesuatu yang panjang. Apalagi target bukan hanya tuan rumah, tapi prestasi setara dengan negara-negara peserta Olimpiade," jelas Anies.

Penulis: Tesa Yohana