Demi Olimpiade 2032, KOI Bakal Bangun Fasilitas Latihan Kelas Dunia

Sabtu, 11 Januari 2020 18:26 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Shintya Maharani/INDOSPORT
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menyatakan, pihaknya akan membangun fasilitas latihan kelas dunia demi Olimpiade 2032. Copyright: © Shintya Maharani/INDOSPORT
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menyatakan, pihaknya akan membangun fasilitas latihan kelas dunia demi Olimpiade 2032.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menyatakan, pihaknya akan membangun fasilitas latihan kelas dunia sebagai persiapan prestasi atlet saat menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Dilansir dari Antara, pria yang akrab disapa Okto itu mengatakan saat ini KOI sudah mengincar beberapa lokasi di Jakarta yang bakal dibangun fasilitas latihan tersebut. Ia pun akan segera berkoordinasi dengan pemerintah.

“Kami akan koordinasi dengan pemerintah untuk pembangunan fasilitas latihan kelas dunia ini,” kata Okto dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta.

Keinginan membangun fasilitas latihan kelas dunia itu, lanjut Okto, didasari oleh survei yang telah dilakukannya ke beberapa negara yang sering meraih prestasi gemilang di ajang Olimpiade seperti China, Jepang, Korea Selatan Prancis, Belanda dan Australia.

“Hasil dari adanya fasilitas latihan itu cukup signifikan buat prestasi atlet. Sebab itu kita juga harus punya dan kami akan wujudkan itu,” tuturnya

Ketika ditanyai mengenai dana, menurut Okto, hal tersebut akan dilakukan melalui beberapa skema, baik oleh swasta, pemerintah atau PPP (private public partnership).

“Dalam waktu dekat proses untuk fasilitas latihan ini akan segera dimulai. Kita harus bergerak mulai dari sekarang. Dan saya harus memastikan fasilitas latihan kelas dunia ini nantinya harus bebas dari banjir karena program latihan atlet tidak boleh terganggu sama masalah banjir,” ucapnya.

Selain itu, KOI juga bakal meningkatkan intensitas komunikasi dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk memuluskan proses bidding Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Dia juga akan segera menemui Menpora Zainudin Amali, dan Presiden Joko Widodo, membahas terkait pembentukan komite khusus persiapan bidding Olimpiade 2032.

Penulis: Ahmad Fatih Qadri