Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Indonesia Dapat Dukungan Langsung dari China

Jumat, 15 November 2019 22:32 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Arum Kusuma Dewi
© TIM NOC
Untuk melancarkan niat Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, Raja Sapta Oktohari berkunjung ke China untuk meminta dukungan langsung kepada pemerintah China. Copyright: © TIM NOC
Untuk melancarkan niat Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, Raja Sapta Oktohari berkunjung ke China untuk meminta dukungan langsung kepada pemerintah China.

INDOSPORT.COM - Setelah sukses di beberapa event internasional seperti Asian Games 2018 dan akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2020, Indonesia juga mengincar posisi untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

President National Olympic Committee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari (RSO), untuk melancarkan niat Indonesia menjadi tuan rumah, berkunjung ke China untuk meminta dukungan langsung kepada pemerintah China.

Dalam kunjungan kerjanya, Oktohari difasilitasi Duta Besar Indonesia untuk China HE Djauhari Oratmangun serta didampingi anggota Komite Eksekutif NOC Indonesia, Teuku Arlan Perkasa Lukman.

Rombongan NOC Indonesia juga berkesempatan untuk menggelar audiensi bersama Menteri Administrasi Umum dan Olahraga China yang juga menjabat sebagai Presiden NOC China, Gou Zhongwen sekaligus mengunjungi gedung pelatihan atlet yang terletak di belakang kantor NOC China.

China menjadi negara pertama yang dikunjungi, mengingat China pernah menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 2008. Selain itu, prestasi olahraga di China juga bagus di semua bidangnya.

“Gon Zhongwen mengatakan China sangat mendukung Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. China berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh buat Indonesia dan akan membantu yag dibutuhkan Indonesia melalui jaringan-jaringan yang dimilikinya,” ucap Raja Sapta, Kamis (14/11/19) dalam rilis yang diterima INDOSPORT.

Selain itu, China juga bersedia jika diajak bekerja sama dengan Indonesia, dalam hal pertukaran atlet. Karena China memang sudah menerapkan sport science yang sangat mendukung prestasi atletnya di kancah dunia.

“Wajar jika prestasi olahraga China saat ini sangat bagus karena memang mereka sangat fokus. Dari yang saya lihat, sport science mereka luar biasa. Mereka memaksimalkan itu untuk mengukur dan meningkatkan kualitas atletnya dalam mencetak prestasi dunia," tambahnya.