Liga Indonesia

Resmi Jadi Ketua KOI, Raja Sapta Incar Tiket Tuan Rumah Olimpiade 2032

Kamis, 10 Oktober 2019 19:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Raja Sapta Oktohari mengaku memiliki target menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2034 setelah terpilih menjadi Ketum KOI yang baru. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Raja Sapta Oktohari mengaku memiliki target menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2034 setelah terpilih menjadi Ketum KOI yang baru.

INDOSPORT.COM - Raja Sapta Oktohari secara resmi terpilih menjadi Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) periode 2019-2023, menggantikan Erick Thohir. Ia akan didampingi oleh Warih Sandono sebagai wakil ketua umum.

Keduanya ditetapkan memimpin KOI setelah menang aklamasi atau tanpa proses pemungutan suara lantaran telah disetujui bersama para voter pada Rabu (09/10/19) di Jakarta. Usai ditetapkan menjadi ketum baru, Raja Sapta langsung mengungkapkan program kerja yang bakal dilakukan.

Tak main-main, Okto (sapaan Raja Sapta) akan melobi negara-negara peserta Olimpiade 2020 di Jepang untuk memberikan dukungan ke Indonesia, supaya bisa menggelar Olimpiade pada 2032.

"Selanjutnya pekerjaan besar kami adalah Olimpiade Tokyo 2020 dimana kami bersepakat incar Olimpiade 2032 dan itu harus diperjuangkan di Olimpiade tahun depan karena keputusan tahun 2024," katanya.

"Jadi kami kejar kualifikasi, rebut sebanyaknya emas sekaligus rebut hati para peserta Olimpiade tahun depan untuk percayakan Olimpiade di Indonesia."

"Kami akan maksimalkan komunikasi cabor-cabor dengan jaringan Asia dan dunia, buat tambah kepercayaan negara-negara karena itu buat lebih mudah," lanjut Raja Sapta menyoal strategi yang akan dijalankan.

Namun, sebelum mengincar tiket tuan rumah Olimpiade, Raja Sapta dan KOI akan konsen terlebih dahulu ke ajang SEA Games 2019, terutama soal pembiayaan atau anggaran kontingen Indonesia.

Pasalnya, akan ada pergantian pemerintahan, terutama pergantian Menpora yang membawahi bidang olahraga.